JK: Wajar Jika Azan Pakai Pengeras Suara

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla
Sumber :
  • ANTARA/Jessica Helena Wuysang

VIVAnews - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan bahwa pengeras suara saat azan tidak jadi masalah. Menurut JK, sebutan akrab untuk Wapres Kalla, di belahan dunia manapun azan pasti menggunakan pengeras suara. Ini hal yang lumrah.

"Penggunaan speaker di mesjid untuk Azan tidak jadi soal. Di mana-mana bahkan di seluruh dunia yang namanya mesjid pasti dilengkapi pengeras suara untuk mengumandangkan Azan," kata JK di kantor Sekretariat Dewan Mesjid Nasional, Jakarta Pusat pada Selasa 28 Mei 2013.

Sebelumnya April tahun lalu, Boediono dalam pidatonya di Pembukaan Muktamar Dewan Masjid Indonesia (DMI) ke-6 di Asrama Haji Pondok Gede, mengatakan bahwa DMI harus membahas pengaturan penggunaan pengeras suara di masjid-masjid.

Boediono yang rumah dinasnya bersebelahan dengan Mesjid Agung Sunda Kelapa ini mengatakan, bahwa suara azan yang terdengar sayup-sayup dari jauh terasa lebih merasuk ke sanubari dibanding suara yang terlalu keras, menyentak, dan terlalu dekat ke telinga kita.

Terkait hal tersebut, JK yang merupakan Ketua Umum DPP DMI mengatakan bahwa pengaturan pengeras suara hanya digunakan untuk pembacaraan doa. Kalla mengatakan akan mengatur penggunaan pengeras suara yang digunakan untuk membacakan doa Tarhim.

Medco Energi Resmi Divestasi Seluruh Sahamnya di Ophir Vietnam Block 12W B.V

"Itu ada aturan sebenarnya. Untuk tahrim dan pengajian jangan menggunakan pengeras suara terlalu lama. Tapi untuk Azan itu justru harus menggunakan pengeras suara," ujar Kalla.

Sedangkan untuk suara azan yang hanya berdurasi tiga menit, kata JK, memang sengaja dikumandangkan keras untuk memanggil orang shalat. (ren)

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Pengakuan Erick Thohir dan PSSI soal Kinerja Shin Tae-yong

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan pihaknya puas dengan kinerja Shin Tae-yong selama melatih Timnas Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024