Bos Indoguna Telah Diingatkan untuk Tak Minta Kuota Tambahan

Juard Effendi (baju putih) di Pengadilan Tipikor.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVAnews – Direktur Utama PT Indoguna Utama, Maria Elizabeth Liman, ternyata telah diingatkan oleh anak buahnya agar tidak mengikuti ajakan Elda Devienne Adiningrat untuk meminta penambahan kuota impor daging sapi ke Kementerian Pertanian.

Hal itu diungkapkan salah satu terdakwa kasus suap impor daging sapi – Direktur HRD dan General Affair PT Indoguna Utama, Juard Effendi, dalam sidang pembacaan nota pembelaan pribadi (pledoi) si Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Rabu 19 Juni 2013.

“Saya sudah mengingatkan Ibu Maria Elizabeth Liman, Dirut PT Indoguna Utama, agar menolak rayuan Elda terkait permohonan penambahan kuota,” kata Juard dalam pledoinya yang bertajuk ‘Akibat Bantu Angkat Sumbangan ke Mobil, Masuk Bui.’

Menurut Juard, ia meminta bosnya untuk tidak mendengarkan Elda karena ia tahu persis proses Surat Rekomendasi Persetujuan Pemasukan (SRPP) di Kementerian Pertanian. “Saya tahu di Kementerian Pertanian saat itu tidak ada informasi mengenai tambahan kuota impor daging sapi semester II tahun 2012,” kata Juard.

Meski tidak percaya dengan tawaran Elda, Juard akhirnya mencoba membuktikan tawaran itu dengan mecoba mengajukan permohonan penambahan kuota daging sapi melalui Elda. “Sebab disetujui atau tidaknya permohonan tersebut tergantung dari rapat Menteri Pertanian, Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan, dan Menteri Kordinator Perekonomian,” kata dia.

“Saya sendiri baru bertemu Elda pada awal Januari 2013,” ujar Juard. Elda sendiri berperan sebagai penghubung antara Indoguna Utama dengan Kementerian Pertanian. Elda yang biasa dipanggil Bunda atau Dati ini merupakan Komisaris Radina Niaga Mulia yang bergerak di bidang pertanian, agro industri, dan pembibitan. Elda juga pernah menjabat sebagai Ketua Asosiasi Benih Indonesia. (eh)

Baca juga:

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro
Sekretaris Jenderal DPP PKS Habib Aboe Bakar

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Partai Keadilan Sejahtera, siap menggelar karpet merah untuk Prabowo Subianto, Presiden terpilih Pilpres 2024. Itu akan dilakukan jika Prabowo hadir di halal bi halal PKS

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024