Agustus-September, Sumatera Selatan Dikepung Titik Api

Kebakaran hutan di Riau sebabkan kabut asap.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/FB Anggoro

VIVAnews - Provinsi Sumatera Selatan diperkirakan dikepung titik api dalam bulan Agustus - September. Sebab, pada bulan tersebut merupakan puncak terjadinya hotspot.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel menyiapkan Boom Air melalui udara atau yang disebut Waterbombing. Hal itu diungkapkan Yulizar Dinoto saat rapat bersama UPTD PKHL, Balai Meteorologi, Manggala Agni, dan sejumlah perwakilan BPBD Kabupaten/kota, di kantor BPBD Sumsel, Selasa 25 Juni 2013.

"Untuk logistik dan satgas sudah kami siapkan untuk mengantisipasi kebakaran lahan, namun jika operasi darat tidak mampu memadamkan api, maka akan dilanjutkan dengan waterboombing atau pengeboman air melalui helikopter," katanya.

Untuk operasi Waterbombing itu, BPBD telah mengajukan surat ke Pemerintah Provinsi Sumsel dalam hal ini ke Gubernur. "Gubernur sudah setuju dan menyiapkan anggarannya," ujarnya.

Sementara itu, Ahmad Taufik Ketua Unit Pelaksana Teknis Dinas Kebakaran Hutan dan Lahan Sumatera Selatan mengatakan pengalaman bertahun-tahun sebelumnya puncak hotspot akan terjadi pada bulan September. Hal itu, tambah Taufik, lantaran banyaknya masyarakat yang membuka lahan dengan membakar hutan.

"Kewaspadaan akan kebakaran ini, karena di Sumsel ada wilayah yang tergolong rawan 1 Kebakaran, yakni pada lahan gambut yang ada di 4 kabupaten yakni OKI (Ogan Komering Ilir), Muba, Banyuasin dan OI (Ogan Ilir)," papar Taufik.

"Sumsel sendiri sampai saat ini masih memiliki 1,3 juta hektar lahan gambut," lanjutnya.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Disisi lain, Nurangesti, kepala Meterologi Bandara Sultan Mahmud Badarudin II, menjelaskan, saat ini suhu di Sumsel masih berada 34,5 derajat, dan suhu dikatakan ekstrem jika berada di posisi 36,2 derajat.

"Biasanya, kemarau dengan suhu 35 derajat terjadi di Agustus-Oktober dan kelembaban udara sangat kecil," kata Nurangesti.

Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024