Malam Ini Terjadi Dua Gempa Susulan di Aceh

Warga panik karena gempa di Aceh
Sumber :
  • ANTARA/Irwansyah Putra
VIVAnews -
Eks Stafsus Kementan Akui Pernah Diperintah SYL Urus Ultah Nasdem
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Selasa malam 2 Juli 2013, mendapatkan laporan dari BMKG yang menyatakan terjadi gempa susulan dua kali di tempat yang hampir sama dari gempa 6,2 Skala Richter (SR) yang terjadi siang hari.

Gaya Hidup Aktif Masyarakat Dorong Permintaan akan Perangkat yang Sesuai

Gempa pertama terjadi pada pukul 20:55 WIB dengan kekuatan 5,5 SR, berlokasi di 27 kilometer barat daya Kabupaten Bener Meriah dengan kedalaman 10 kilometer. Sementara itu, gempa kedua terjadi pukul 22:36 WIB dengan kekuatan 5,3 SR, berlokasi di 26 km barat daya Kabupaten Bener Meriah dengan kedalaman 10 kilometer.
Persija Kurang Maksimal saat Kalahkan Persis, Ini Alasannya


"Keduanya berada di darat. Tidak menimbulkan tsunami. Mekanismenya sama dengan gempa sebelumnya yaitu sesar geser menganan. Bagian timur dari sumber gempa bergerak ke tenggara dan bagian baratnya bergerak ke barat laut. Sumber gempa berasal dari sesar aktif di daratan pada segmen Aceh dari sesar Sumatera," katanya dalam keterangan tertulis.


Ia menjelaskan gempa susulan tersebut sangat dirasakan cukup kuat oleh masyarakat di Bener Meriah dan Aceh Tengah. Masyarakat takut masuk ke dalam rumah dan memilih berada di luar rumah. Masyarakat yang rumahnya roboh menempati beberapa titik pengungsian. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan waspada. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya