Siang Hari di Bali Saat Ini Dingin Menusuk Tulang

Menikmati senja di Bali
Sumber :
  • http://www.dansapar.com
VIVAnews
Ramalan Zodiak Jumat 12 April 2024: Leo Mungkin Bertengkar dengan Pasangan
- Beberapa hari terakhir, Pulau Bali terasa begitu dingin. Meski di siang hari, terasa hingga menusuk tulang. Rupanya, hal itu terjadi lantaran matahari berada di utara Katulistiwa.

Terpopuler: TNI Kembali Pakai Istilah OPM, Kecelakaan Bus di Tol hingga Pemuda Rusak Jembatan

"Hari ini, 22 Juli 2013, posisi matahari tepat berada di paling utara Katulistiwa," tutur Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah III Denpasar, Nyoman Gede Wirya Jaya, kepada VIVAnews, Senin.
Hasil Lengkap Liga Europa: AC Milan Keok, Liverpool Hancur Lebur


Sebab itu, lanjutnya, saat ini posisi matahari berada paling jauh dari Pulau Bali. Pada 23 September 2013, posisi matahari akan kembali bergeser ke selatan. Desember 2013, posisi matahari berada tepat di posisi paling selatan Katulistiwa.


"Pada 21 Maret 2014, posisi matahari kembali lagi ke Katulistiwa. Dalam setahun, dua kali matahari berada di posisi itu," papar Wirya.


Wirya menuturkan, datangnya cuaca dingin ini agak terlambat. Penyebabnya, suhu muka laut masih hangat. "Mestinya kondisi ini terjadi sejak awal Juli. Tapi karena anomali suhu, maka terlambat datangnya," ulas Wirya.


Dijelaskannya, suhu di Bali pada titik terendah mencapai 21 derajat celcius, maksimum 31 derajat celcius. "Itu suhu terendah, tapi masih normal," tegas dia.


Wirya menjelaskan, BMKG di tengah menggelar rapat di Jakarta untuk prakiraan musim penghujan. "Bulan September kita akan umumkan."
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya