VIDEO: Detik-detik Air Bah Waduk Way Ela Terjang Negeri Lima

Kondisi Permukiman Warga Negeri Lima Pasca Jebolnya Way Ela
Sumber :
  • ANTARA/Embong Salampessy
VIVAnews
10 Negara Terluas di Dunia, Indonesia Ada di Urutan Berapa?
- Air bah setinggi 6 hingga 7 meter tiba-tiba menerjang perkampungan Negeri Lima, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis 26 Juli 2013. Air bah ini berasal dari bendungan Way Ela yang jebol, kemarin siang.

Ahli Nuklir UGM Jadi DPO Kasus Penggelapan Rp 9,2 Miliar, Begini Kronologinya

Warga yang panik berlarian tanpa membawa harta benda mereka. Mereka hanya bisa menyelamatkan anggota keluarga dari terjangan air bah. Lihat videonya di
Terungkap, Lebih dari 400 Ekor Ular Dikerahkan di Prosesi Syuting Film Badarawuhi


Beberapa warga menangis, tak kuasa menahan pilu melihat bencana air bah yang meluluhlantakkan rumah dan harta benda mereka. Seorang ibu terus menangis sambil berlari dan menggendong anaknya yang masih kecil.


Air bah ini menghantam desa pada pukul 13.00 WIT. Bendungan alami Way Ela tak mampu menampung air yang terus naik setelah hujan lebat yang terus mengguyur wilayah ini, dalam beberapa hari terakhir.


Sebetulnya, waduk ini sudah berstatus jebol sejak dua hari sebelum musibah. Sebagian warga pun sudah mengungsi sejak Kamis pagi saat alarm tanda bahaya di atas waduk, berbunyi.


Sejauh ini, dilaporkan 1 warga tewas, empat hilang, dan puluhan lainnya luka-luka. Warga dibantu tim SAR gabungan mengungsi ke tempat yang aman. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya