Menhub: Perbaikan Dermaga Ambruk Selesai Sebelum Lebaran

Pelabuhan Merak.
Sumber :
  • id.wikipedia.org
VIVAnews
Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia
- Kementerian Perhubungan menjamin perbaikan jembatan penghubung antara dermaga dan kapal di dermaga lima Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten, rampung dalam tiga hari.

Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah

Menteri Perhubungan EE Mangindaan di Istana Negara, Senin 29 Juli 2013, telah memerintahkan agar jembatan penghubung yang ambruk itu tidak mengganggu proses arus mudik Lebaran tahun ini.
Sidang Sengketa Pilpres di MK, Bawaslu Sebut Jokowi Bagi-bagi Bansos Tak Langgar Netralitas


"Aktivitas belum begitu padat. Insya Allah selesai dan tidak mengganggu. Saya paksa harus selesai dalam tempo tiga hari," ujar Mangindaan.


Berdasarkan pantauan Mangindaan di lokasi, penyebab ambruknya dermaga lima itu adalah putusnya kabel besar yang berfungsi sebagai penahan. "Jadi begitu putus, penahannya miring, sehingga truk yang paling pinggir ikut ketarik dan jatuh," katanya.


Dia memerintahkan dilakukan penyelidikan putusnya kabel penahan jembatan di dermaga itu. Ia tidak ingin kejadian serupa terulang kembali, apalagi di musim arus mudik seperti sekarang ini.


"Penyebabnya harus dilihat, kenapa kok putus, kenapa tidak disiapkan kemungkinan seperti itu. Wamen sekarang ada di sana, minta sebelum Lebaran harus selesai. Tidak ada pilihan lain," tuturnya.


Seperti diberitakan sebelumnya, sebuah truk tronton bermuatan tepung tapioka jatuh ke laut saat turun dari kapal feri Windu Karsa Pratama di dermaga lima Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten, Minggu 28 Juli 2013.


Truk bernomor BE 9213 CG itu terjun ke laut akibat robohnya jembatan penghubung antara dermaga dan kapal di dermaga lima yang belum lama dibangun.


Insiden tersebut terjadi Sabtu 27 Juli 2013 sekitar pukul 23.00 WIB saat kapal yang berangkat dari Bakauheni Lampung melakukan bongkar muat di dermaga lima.


Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Informasi yang dihimpun, truk yang dikemudikan Riyadi warga Desa Bangunsari, Lampung itu terperosok lalu jatuh ke laut ketika baru ke luar dari lambung kapal melintasi jembatan penghubung. (umi)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya