Kasus Hambalang, KPK Periksa Ipang Wahid soal Iklan Anas

Ipang Wahid
Sumber :
  • Twitter @ipangwahid

VIVAnews - Irfan "Ipang" Wahid, keponakan mantan Presiden RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, yang sudah diperiksa sebagai saksi dalam kasus gratifikasi proyek Hambalang, mengaku tidak tahu menahu masalah Hambalang.

"Kita hanya vendor pembuatan iklan yang dikontrak oleh orang lain. Intinya, saya juga bingung kok bisa dipanggil segala sama KPK," kata Ipang dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Rabu, 31 Juli 2013.

Menurutnya, urusan dengan Anas Urbaningrum hanya sebatas soal iklan politik. Ipang mengaku sebagai sutradara iklan dan sebagai subkontraktor yang diminta untuk membuat iklan Anas untuk kongres Demokrat.

"Yang pesan adalah konsultan media Mas Anas milik Ichsan Loulembah. Semua ada kontraknya, jadi hubungan saya ya cuma sama perusahaan Ichsan ini saja," katanya.

Karena itu, Ipang tak mengetahui hubungan dirinya dengan Anas Urbaningrum, apalagi dengan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat M Nazaruddin.

Nama Ipang memang pernah disebut Nazaruddin sebagai penerima uang Rp20 miliar dari proyek Hambalang. Uang itu untuk pembayaran Ipang sebagai tim konsultan Anas sebagai calon ketua umum partai.

KPK menetapkan Anas sebagai tersangka dalam kasus gratifikasi Hambalang pada 22 Februari 2013 lalu. Anas Urbaningrum menjadi tersangka karena diduga melanggar Pasal 12 huruf a Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Pasal ini menyebut gratifikasi dalam arti luas, yakni pemberian uang, barang, rabat (diskon), komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma, dan fasilitas lainnya.

Ipang diperiksa sebagai saksi dalam kasus gratifikasi proyek Hambalang untuk tersangka Anas Urbaningrum pada Senin, 29 Juli 2013. Putra Salahuddin Wahid ini tiba di gedung KPK pukul 13.15 WIB.

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini

Ia diperiksa dalam kapasitasnya sebagai pegawai Fastcomm, sebuah perusahaan jasa komunikasi media. Perusahaan ini menjadi konsultan komunikasi politik Anas Urbaningrum saat kongres Partai Demokrat di Bandung tahun 2010. (eh)

Kegiatan kelompok usaha PT Bumi Resources Tbk.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) mencatatkan pendapatan secara konsolidasian mencapai US$6,57 miliar di sepanjang tahun 2023. Tercatat, bahwa pendapatan BUMI berdasarkan PSAK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024