Ribuan Warga Tinggal di Daerah Berbahaya Gunung Rokatenda

Gunung Rokatenda di Pulau Palue, Sikka, NTT meletus
Sumber :
  • Antara/ Molan
VIVAnews
5 Ciri-ciri Anda Terkena Gangguan Kepribadian Narsistik, Haus Akan Pujian
- Erupsi Gunung Rokatenda yang terjadi sejak Oktober 2012 hingga sekarang, membuat 3.760 warga Pulau Palue mengungsi ke Pulau Flores. Masyarakat yang terkena dampak langsung dari erupsi mengungsi secara bertahap.

Kim Soo Hyun Jalani Pelatihan Tentara Cadangan Jelang Episode Terakhir Queen of Tears

Pada Oktober 2012, sebanyak 2.754 jiwa atau 782 kepala keluarga penduduk di Pulau Palue mengungsi ke daratan Pulau Flores. Sebanyak 1.337 orang di Kabupaten Sikka dan 1.417 orang di kab Ende.
Harta Kekayaan Elon Musk Lenyap Rp 45 Triliun dalam Sekejap, Ini Penyebabnya


Sedangkan setelah erupsi 10 Agustus 2013 lalu, pengungsi yang keluar dari Pulau Palue mencapai 1.006 jiwa. Menurut rencana, pada Senin, 19 Agustus 2013 besok,  sebagian warga di Pulau Palue akan bertolak menuju Sikka menggunakan kapal reguler.


"Saat ini masih terdapat sekitar 7.000 jiwa yang ada di Pulau Palue, di mana 1.322 jiwa tinggal di daerah berbahaya," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.


Ditambahkan Sutopo, masalah yang krusial saat ini adalah penyediaan lahan bagi pengungsi, baik pengungsi lama yang mengungsi sejak Oktober 2012 maupun pengungsi pada Agustus 2013. Lambatnya penyediaan lahan telah menyebabkan pembangunan rumah bagi pengungsi belum dapat diwujudkan.


Padahal BNPB telah menyerahkan bantuan Rp 13,1 miliar untuk pembangunan rumah dan relokasi bagi pengungsi lama, yaitu Rp6,6 miliar untuk Pemda Ende dan Rp6,5 miliar untuk Pemda Sikka pada 17 Juni 2013 lalu.


"Bantuan diserahkan langsung oleh Kepala BNPB kepada Gubernur NTT yang disaksikan oleh Bupati Sikka dan Bupati Ende. Selanjutnya Gubernur NTT menyerahkan kepada kedua bupati tersebut," katanya lagi.


Menurut Sutopo, pemda harus segera mencairkan anggaran tersebut untuk membangun rumah bagi pengungsi. Gubernur dan bupati selaku penanggung jawab penanggulangan bencana di daerahnya segera mengatasi masalah yang ada agar ada kepastian bagi pengungsi.


Belum ditandatangani struktur komando tanggap darurat bencana oleh Bupati Sikka juga menyebabkan penanganan bencana belum optimal. BNPB selalu mendampingi pemda kabupaten dan provinsi, baik perkuatan pendanaan, teknis, logistik dan administrasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya