Khofifah dan Soekarwo Saling Adu Dukungan Kiai

Saifullah Yusuf berdialog dengan salah satu Kyai pengasuh Pesantren Lirboyo
Sumber :
  • Antara/ Rudi Mulya
VIVAnews
Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI
- Sejumlah kiai se-Jawa Timur berkumpul di Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jatim di Surabaya. Mereka ikrar memenangkan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman Surjadi Sumawiredja (BerKaH).

Layani Pemudik, Kemenhub Minta KAI dan KCIC Tambah Armada KA Feeder Whoosh

Pertemuan terlihat istimewa karena dihadiri banyak kiai sepuh, termasuk mantan Ketua Dewan Syura PKB, KH Ma'ruf Amin. "Alhamdulillahh KH Ma'ruf Amin berkenan ikut hadir dan berjuang untuk ahlussunnah wal jamaah. Beliau adalah pendiri PKB, juga deklator perumus tim lima yang menyusun rumusan dan konsep PKB yang dibidani PBNU. Saat itu beliau adalah kordinator harian," ujar Ketua DPP PKB, Muhaimin Iskandar.
Indonesia, Singapore Discuss Labor Cooperation


Kiai Ma'ruf Amin juga tercatat sebagai ketua Dewan Syura PKB pertama, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Dewan Pertimbangan Presiden, serta satu-satunya doktor yang konsen pada perbankan syariah. "Sekali saja NU memimpin Jatim saya optimistis akan jauh lebih baik. Dan memang, sudah dicari seantero Indonesia siapa yang berani dan sanggup melawan si Kumis (incumbent) ternyata hanya Khofifah," kata Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin Iskandar.


Menurut Cak Imin, bersama kiai dan dukungan KH Ma'ruf Amin, akan memudahkan kemenangan Khofifah. Kehadiran Kiai Ma'ruf ini sekaligus mengurangi isu yang dikembangkan sebagian orang, bahwa perempuan tidak bisa jadi pemimpin.


Ikut menambahkan, Ketua tim pemenangan Berkah, Jazilul Fawaid mengatakan, sisa waktu yang ada akan dimaksimalkan di semua zona. "Selain memaksimalkan di setiap kegiatan rutin Muslimat, Fatayat, KH Ma'ruf Amin akan turun ke Ponpes-Ponpes menyerukan mengajak untuk memilih Berkah," terangnya.


Sementara, kiai yang hadir hadir di Posko Kemenangan BerKaH, di antaranya:

- KH Ma'ruf Amin

- KH Mas Yusuf Muhasyim (Surabaya)

- KH Syukron Syakur (Bangil)

- KH Syamsul Ma Arif (Pasuruan)

- KH Rofi Rohman (Lamongan)

- KH Mahfud Ma'shum (Gresik)

- KH Jalmanudin (Jombang)

- KH Nasirudin (Pamekasan).


Tak semua kiai mendukung Khofifah. Bahkan sejumlah kiai yang duduk di Dewan Syuro PKB Jawa Timur malah mendukung pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf. Ketua Dewan Syuro PKB KH Azis Mansyur mengatakan bahwa dirinya mendukung KarSa lahir batin. "Alasannya, KarSa mampu meneruskan perjuangan para kiai," katanya 4 Agustus lalu.


Pasangan Soekarwo-Saifullah juga bersilaturrahim ke KH Abdul Salam, anggota Dewan Syura DPW PKB Jatim yang juga pengasuh ponpes Al Khoziny, Buduran, Sidoarjo. KH Abdul Salam Mujib mengungkapkan bahwa pihaknya tetap mendukung pasangan KarSa.


"Sejak kami mengeluarkan rekomendasi yang mendukung pasangan KarSa, kami belum pernah mencabutnya. Dukungan kami (dewan syura PKB Jatim, Red) masih tetap pada pasangan KarSa," katanya saat ditemui Saifullah pada Minggu malam, 4 Agustus 2013 itu. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya