KPK: Kepala Bappebti Tersangka Suap Lahan Makam

Juru bicara KPK Johan Budi SP
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Syahrul Raja Sempurnajaya sebagai tersangka kasus pemberian hadiah terkait pengurusan Izin lokasi Tempat Pemakaman Bukan Umum (TPBU) di Desa Artajaya, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Lawan El Salvador dan Kosta Rika, Timnas Argentina Tanpa Lionel Messi

Kepada wartawan, Jumat 23 Agustus 2013, juru bicara KPK Johan Budi SP mengatakan, penetapan tersangka baru ini merupakan hasil pengembangan penyelidikan dan penyidikan kasus tanah makam itu. Menurut Johan, Syahrul diduga sebagai salah satu pemilik perusahaan yang akan membangun Tempat Pemakaman Bukan Umum (TPBU) di Desa Artajaya, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

KPK menjerat Syahrul dengan pasal suap-menyuap yang diatur dalam Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. "SRS diduga sebagai pemberi. Ini kan kelanjutan dari proses tangkap tangan hampir Rp1miliar. Dia diduga ikut terlibat dalam dugaan tindak pidana korupsi pemberian atau janji," ungkap Johan.

Sebelumnya, Syahrul pernah beberapa kali diperiksa oleh penyidik KPK sebagai saksi dalam kasus ini. KPK juga pernah menggeledah ruang kerja Syahrul.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan lima orang sebagai tersangka. Masing-masing dijerat dengan pasal berbeda. Mereka adalah Ketua DPRD Bogor Iyus Djuher, Usep (pegawai pemkab Bogor), dan Listo Welly (pegawai honorer pemkab Bogor).

Konten Bunda Corla dan Nikita Mirzani Jadi Kajian Dosen Universitas Mercu Buana

Dari swasta, tersangka dalam kasus ini adalah Nana dan Sentot. KPK menyita barang bukti yang diduga uang suap sebesar Rp800 juta. (eh)

Dirtipidum Polri, Brigjen Pol Djuhandani Rahardjo Puro

Polri Bongkar Kasus TPPO Modus Kirim Mahasiswa Magang ke Jerman, 5 Orang Jadi Tersangka

Polri mengungkap jaringan internasional TPPO dengan modus mengirim mahasiswa untuk magang ke Jerman melalui program ferien job.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024