Dua Singa dan Harimau Mati Diracun, BKSDA Jambi Libatkan Polisi

Harimau Sumatera mati di kargo pesawat
Sumber :
  • ANTARA/Irwansyah Putra
VIVAnews
Kata Pelatih Guinea Usai Kalahkan Timnas Indonesia U-23 dan Lolos Olimpiade 2024
- Sepasang singa Afrika, Gibo dan Sonia dan satu harimau Sumatera bernama Peter, mati karena diracun dengan racun khusus anjing liar dan rabies di Kebun Binatang Taman Rimbo Jambi.

Suami Selingkuh, Tengku Dewi: Tau Diri Aja Udah Mau jadi Bapak Anak 2 Masih Begitu!

Terkait kematian tiga satwa ini, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi, sudah meminta keterangan lima orang saksi. Dua orang adalah pemasok daging untuk satwa di kebun binatang itu.
Prabowo: Jika Tidak Mau Kerja Sama, Jangan Ganggu Kami


"Tiga orang lainnya adalah perawat, penjaga satwa dan penjaga malam di kebun binantang," kata Plh Kepala BKSDA Jambi, Nurazman, kepada
VIVAnews
, Selasa, 27 Agustus 2013.


Menurutnya, tahap pemeriksaan akan dikembangkan dengan melibatkan polisi. Bukti-bukti laboratorium mengenai kematian tiga satwa itu akan diserahkan kepada polisi untuk penyelidikan lanjutan.


"Kami akan minta penjelasan dari saksi ahli. Penyedikan dan pemeriksaan lain akan langsung dilakukan setelah hasil lab keluar," katanya lagi.


Penyerahan barang bukti kepada polisi akan dilakukan saat kegiatan gelar perkara yang akan dilakukan bersama polisi di kantor Kepolisian Daerah Jambi.


Sementara itu, satu harimau Sumatera yang sebelumnya dalam kondisi kritis, kini sudah mumai membaik. Setelah ditangani tim dokter, harimau itu sudah sembuh, sudah bisa makan dan berjalan.


"Sudah lewat masa kritis. Dengan kejadian ini kita akan meningkatkan penagamantan pengawasan, pemasangan cctv dan penjagaan pengujung," kataya.


Seperti diketahui, kondisi tiga satwa itu diketahui mulai menurun kesehatannya pada 12 Agustus 2013. Harimau Sumatera Peter dan singa Afrika didapatkan mengalami kelumpuhan mendadak. Selanjutnya, Peter langsung dipindahkan dan ditangani tim dokter hewan dan BKSDA Jambi. Lihat di sini. (umi)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya