VIDEO: Siapakah Sengman dan Bunda Putri?

Ridwan Hakim
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Kesaksian Ridwan Hakim, putra petinggi Partai Keadilan Sejahtera, Hilmi Aminuddin, dalam sidang tersangka Ahmad Fathanah membuka babak baru kasus suap penambahan kuota impor sapi.

Rekaman antara Ridwan dan Fathanah yang diputar dalam sidang mengungkap dua nama baru, Sengman dan Bunda Putri. Ridwan sempat mengungkap Sengman adalah orang suruhan orang nomor satu di negeri ini. Sementara Bunda Putri yang disebut-sebut sangat 'berkuasa' dan 'menentukan' masih misterius.

Siapakah kedua orang ini sebenarnya?

Menurut Mantan Menko Perekonomian, Rizal Ramli, ucapan Ridwan bahwa Sengman merupakan orang dekat Presiden SBY merupakan hal yang benar. "Dia besar di Sumatera Selatan," kata Rizal. .

Segman, kata Rizal, mengenal SBY saat ayah dua anak itu menjabat Pangdam di Sumatera Selatan. Peran Sengman sangat besar, terutama dalam membantu pembiayaan di awal SBY masuk ke dunia politik.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha, yang terlibat dalam kasus suap daging sapi yang melibatkan mantan Presiden PKS Lutfhi Hasan Ishaq.

"Kami tidak pernah mendengar nama itu sebagai utusan presiden. Itu saya pastikan. Kalau di dalam itu ada pernyataan-pernyataan, itu silakan proses pengadilan," kata Julian di kompleks kepresidenan, Jumat 30 Agustus 2013.
5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Julian menegaskan, tidak ada staf presiden yang bernama Sengmen. Seluruh staf presiden memiliki dasar hukum yang jelas dan pemilihannya berdasarkan bidang yang diperlukan. "Kalau ngomong utusan presiden, enggak jelas, mungkin bukan presiden Pak SBY saya kira. Presiden banyak, presiden taksi, presiden perusahaan."
Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5

Sekretaris Kabinet Dipo Alam yang namanya juga ikut disebut-sebut dalam rekaman itu mengaku tidak kenal Sengman sama sekali.

Dan, siapakah Bunda Putri?

Entah siapa nama aslinya. Tapi si Bunda ini tampaknya menjadi tokoh penting dalam kasus dugaan suap impor sapi. Ia juga tampak sangat dihormati para petinggi PKS.

Jati dirinya hanya terungkap sekilas saat Ridwan bersaksi. Ridwan mengenal si ini dan menyebutnya sebagai pembimbing dalam berbisnis sejak 2010. Saat ini, Ridwan mengelola bisnis konveksi di Bandung, Jawa Barat. Kebetulan, Bunda Putri juga merupakan seorang pengusaha.

Dan yang menarik, Bunda Putri ternyata bukan hanya seorang mentor bisnis, tapi juga dikenal sebagai sosok berpengaruh. Sehari setelah tertangkapnya Ahmad Fathanah oleh KPK, 29 Januari 2013, Bunda Putri sempat memanggil Presiden PKS saat itu dijabat Luthfi, ke rumahnya di kawasan Pondok Indah untuk menanyakan langsung kasus ini.

Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024