Jenderal Moeldoko: TNI Amankan APEC 2013

Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S.
VIVAnews
Hakim Geram ke Saksi di Sidang Korupsi Tol MBZ: Proyek Triliunan Gini kok Main-main
- Panglima TNI Jenderal Moeldoko memimpin apel gelar pasukan TNI Kogartap III/SBY dalam rangka pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi "Asia-Pacific Economic Cooperation" (APEC) 2013 Bali di Lapangan Makodam V/Brawijaya, Kamis, 26 September 2013.

Geger Seorang Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online Gegara Bernama Ini

"Negara kita akan menjadi tuan rumah pelaksanaan pertemuan negara-negara yang tergabung dalam APEC. Tunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia negara yang aman," ujarnya di sela sambutan.
Chandrika Chika Ditangkap karena Kasus Narkoba, Netizen: Udah Benar Joget Papi Chulo Aja


KTT ke-21 APEC dijadwalkan akan berlangsung pada 5-8 Oktober 2013 di Bali. Sebanyak 20 kepala negara direncanakan hadir, ditambah 4 kepala negara sebagai peninjau.

   

Lanjutnya, TNI selalu berada di barisan depan guna menjamin keamanan para kepala negara yang hadir. Pihaknya mengaku akan bertindak tegas terhadap segala bentuk gangguan dan ancaman terhadap kepala negara serta penyelenggaraan KTT APEC.

   

"Semua menginginkan kedamaian dan ketertiban selama KTT APEC digelar. Tugas TNI adalah melakukan pengamanan dan selalu siap siaga jika dibutuhkan," lanjutnya.

   

Moeldoko berharap prajurit TNI bersama-sama aparat kepolisian bisa menjaga soliditas pengamanan. Selama ini, gabungan pengamanan TNI dan Polri sudah terjaga dan harus dipelihara demi ketertiban bangsa dan negara.

   

"Jalankan tugas mulia ini. Jaga kesiapsiagaan sebaik-baiknya dan setiap saat bisa diterjunkan. Mari semuanya memberikan kontribusi terbaik untuk keamanan dan kenyamanan," katanya.


Di apel pasukan, Jenderal Moeldoko kemudian melakukan inspeksi yang diikuti 12 pasukan satuan setingkat batalion. Enam satuan dari TNI-AD, empat satuan dari TNI-AL dan masing-masing satu satuan dari TNI-AU dan petugas POM Gabungan.

   

Usai apel, ratusan personel melakukan simulasi pengamanan terhadap ratusan pengunjuk rasa yang mengancam ketertiban dan keamanan KTT APEC. Dalam simulasi, ditunjukkan cara dan kesigapan petugas menghalau dan membubarkan aksi tanpa kekerasan terhadap massa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya