Fathanah Ungkap Pertemuan Luthfi, Elda dan Ridwan Hakim di Malaysia

Ridwan Hakim
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Ahmad Fathanah mengakui bertemu dengan Luthfi Hasan Ishaaq dan putra Ketua Majelis Syuro PKS Hilmi Aminuddin, Ridwan Hakim, di Kuala Lumpur, Malaysia. Ia mengaku kepergiannya ke sana hanya untuk bertemu dengan rekannya yang merupakan Ketua Kadin Timur Tengah dan memiliki kedudukan di Malaysia; bukan untuk membahas kuota impor daging sapi.

"Waktu itu sarapan di hotel. Pas saya datang sudah ada Ridwan sama Ustad Luthfi, kemudian saya ikut bicara di situ," ujar Fathanah saat diperiksa sebagai terdakwa di Pengadilan Tipikor, Jumat 11 Oktober 2013.

Fathanah mengaku dia juga bertemu Komisaris PT Radina Bioadicta, Elda Devianne Adiningrat, di sana. Dia menyangkal sudah merencanakan pertemuan di Kuala Lumpur. "Saya bilang ke Elda, 'Eh, kok kamu di sini?'."

Namun, selanjutnya keterangan Fathanah berubah. Menurut dia, Elda sebelumnya telah menelepon dia dan menyampaikan keinginannya untuk bertemu Luthfi di Kuala Lumpur.

"Dia telepon saya mau ke KL juga, saya bilang, 'Ngapain kamu datang?" Pas saya datang dia sudah ada di sana. Saya bilang, 'Kalau kamu datang, mending Elizabeth saja di sini'," demikian dituturkan Fathanah.

Mendengar keterangan Fathanah yang berbelit-belit itu, majelis hakim langsung mendesaknya, "Bicara soal kuota di sana?"

"Tidak," jawab Fathanah.

Menurutnya, setelah melihat Elda di sana, dia langsung meninggalkan tempat dan memilih pergi ke mal.

Namun, majelis hakim tak percaya dan mendesaknya dengan pertanyaan soal pertemuan Elda dengan Ridwan Hakim. Fathanah mengakui adanya pertemuan itu. Namun, dia membantah mengetahui substansi pembicaraan mereka.

"Dia bicara sama Ridwan, saya nggak tahu dia bicara apa. Pasti soal kuota impor. Tapi, substansinya apa saya nggak tahu," ujarnya sambil berkali-kali mengucap sumpah untuk meyakinkan hakim.

Elda dalam kesaksiannya pada 15 Mei 2013 lalu mengaku diajak Fathanah ke Kuala Lumpur beserta Dirut Indoguna Utama Maria Elizabeth Liman. Di sana Elda bertemu dengan Fathanah dan Ridwan Hakim. Di pertemuan itu, Ridwan menyinggung permintaan penambahan kuota impor daging sapi. (kd)

Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi
bantuan untuk warga Gaza

Meski Negaranya Tengah Dilanda Aksi Terorisme, Rusia Tetap Kirim 29 Ton Bantuan ke Gaza

Meski tengah berduka, Rusia mengatakan pihaknya tetap mengirimkan lebih dari 29 ton bantuan kemanusiaan ke pada warga Palestina di Jalur Gaza yang tengah dilanda perang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024