Keberadaan Daryono Misterius, Apa Kata Akil?

Akil Mochtar Usai Diperiksa KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews - Keberadaan Daryono, sopir pribadi Ketua Mahkamah Konstitusi nonaktif Akil Mochtar, hingga kini masih misterius. Disebut-sebut, Daryono selama ini kerap kongkalingkong dengan Akil kala menerima suap dari pihak berperkara yang ditanganinya.
Diduga Terganggu, Komika Usir Ibu Menyusui dan Bayinya saat Pertunjukkan

Terkait keberadaan Daryono, Akil mengaku tidak tahu. Melalui kuasa hukumnya, Tamsil Sjoekoer, Akil yakin saat ini Daryono berada di rumahnya.
Depok Jadi Tuan Rumah Pembukaan Pendaftaran PPK untuk Pilkada 2024

"Saya pribadi tidak tahu, tapi kata Pak Akil masih di rumah," kata Tamsil kepada VIVAnews, Rabu 16 Oktober 2013.
KPK Siap Dampingi Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran dari Potensi Korupsi

Namun, Tamsil mengaku sempat bertemu dengan Daryono setelah penangkapan Akil oleh Komisi Pemberantasan Korupsi di Kompleks Widya Chandra, Jakarta. Menurutnya, saat diminta istri Akil untuk menjadi kuasa hukum mantan anggota DPR itu, dia langsung berangkat ke Jakarta.

"Ada dua orang jemput saya, utusan dari Bu Akil, saya tidak tahu, tapi salah satunya katanya Daryono," ujarnya.

Hingga saat ini, Tamsil mengaku belum mengetahui pasti keterlibatan Daryono dalam kasus suap yang menjerat Akil. Termasuk soal pernyataan pengacara dan Pengamat Hukum Tata Negara, Refly Harun, terkait dugaan praktik kongkalikong Akil dengan sopirnya itu.

"Saya bicara dengan Pak Akil guna mempersiapkan dalam pembelaan beliau. Lalu saya tanya soal Daryono, dia bilang itu sopirnya, dia nggak bisa pastikan (keterlibatan Daryono)," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, salah satu mobil mewah Akil yang disita KPK diatasnamakan sopirnya itu. Namun, saat dipanggil Majelis Kehormatan Hakim Konstitusi untuk dimintai keterangan, Daryono tak menampakkan batang hidungnya. Sampai saat ini keberadaanya misterius.   (umi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya