Calon Kapolri Sutarman: Saya Hanya Takut Pada Allah

Komjen Pol Sutarman bersama para anggota Komisi III DPR.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis
VIVAnews
- Komisi Hukum DPR, menerima laporan bahwa calon Kapolri, Komisaris Jenderal Pol Sutarman, terlalu loyal pada atasan. Laporan ini, langsung didapat dari Komisi Kepolisian Nasional yang secara langsung mengawasi jalannya institusi kepolisian.
Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?


Prediksi LaLiga: Real Madrid vs Barcelona
Menanggapi hal ini, Sutarman mengatakan, tidak takut pada siapapun, termasuk pada atasan. Sehingga, dijamin dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kepala Kepolisian akan independen.

"Saya tidak takut pada siapapun, urat-urat takut saya sudah putus, saya hanya takut pada Allah SWT," kata Sutarman dalam uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III, Kamis 17 Oktober 2013.


Sehingga, kata Sutarman, pada saat pengamanan Pemilu 2014, maka pihaknya akan independen dan tidak memihak pada satu partai.


"Saya jamin akan idependen, saya akan mengamankan pemilu dari tahapan ke tahapan. Sehingga proses demokrasi akan berjalan untuk memilih pemimpin," kat Sutarman.


Bahkan, kata Sutarman, dirinya akan membuat program cipta kondisi untuk pengamanan Pemilu 2014.


"Kita akan membuat cipta kondisi, sehingga bisa menciptakan pemilu yang jurdil pada 2014 nanti," ujar dia.


Sebelumnya, banyak anggota Komisi III yang mempertanyakan soal loyalitasnya kepada atasan. Misalnya, anggota Komisi III dari Fraksi PKS, Buchori Yusuf.


"Sebagaimana disampaikan kompolnas kemarin, penilaiannya cukup baik. Salah satunya adalah bahwa Komjen Sutarman dianggap amat loyal pada atasan. Loyalitas penting tapi kalau amat bisa memprihatinkan. Bagaimana loyalitas Anda ini terkait netralitas di pemilu nanti?" kata Buchori.


Buchori khawatir, jika loyalitasnya kepada atasan itu, akan mempengaruhi jalannya Pemilu 2014. "Saya juga ingin klarifikasi bahwa katanya bapak mendukung capres parpol tertentu" ujar dia.


Hal yang sama juga disampaikan oleh anggota Komisi III dari Fraksi PDIP, Trimediya Panjaitan. "Kompolnas kemarin bilang anda sangat loyal pada atasan. Ini bisa negatif dan positif. Atasan Anda adalah presiden, yang merupakan ketua umum parpol," ujar Trimediya.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya