Letusan Semakin Tinggi, Status Gunung Sinabung Naik Jadi Siaga

Gunung Sinabung Meletus
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana

VIVAnews - Status Gunung Sinabung di Sumatera Utara, naik dari waspada menjadi siaga mulai Minggu, 3 November 2013, pukul 03.00 WIB. Kenaikan status dari level II ke level II ini menyusul terjadinya peningkatan aktivitas gunung api yang terletak Kabupaten Karo tersebut.

Hasil Liga 1: Bhayangkara FC Pesta Gol, Duel Dewa United vs Madura United Dihentikan

"Status Siaga ditetapkan karena adanya peningkatan kegempaan dan bertambah tingginya kolom letusan abu," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan yang diterima VIVAnews.

Dilaporkan telah terjadi erupsi pada Minggu dini hari pukul 01.26 WIB. Tinggi abu vulkanik mencapai 7.000 m dengan arah angin ke barat. Terdengar suara gemuruh sampai ke Pos Pengamatan Simpang Empat selama 10 Menit. Letusan Gunung Sinabung semakin sering dan ketinggian letusan semakin tinggi.

Dengan adanya kenaikan status ini, pihaknya merekomendasikan tidak ada aktivitas di radius 3 kilometer dari kawah Sinabung. Masyarakat di desa Sukameriah, Bekerah, Simacem dan Nardinding yang berada dalam radius 3 kilometer dan berada di depan bukaan kawah diungsikan.

Kemnaker Berkomitmen Terus Tingkatkan Kinerja Layanan Publik Balai Besar K3 Jakarta
Ilustrasi Ekspor-Impor

Neraca Perdagangan RI Surplus 47 Bulan Berturut-turut, Mendag: Bagian dari Keberhasilan Kemendag

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan alias Zulhas menyambut baik capaian neraca perdagangan Indonesia yang surplus selama 47 bulan berturut-turut.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024