PVMBG Terus Pantau Letusan Gunung Sinabung

Gunung Sinabung Meletus
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana
VIVAnews
Tim Hukum Prabowo Sebut Amicus Curiae MK Bentuk Intervensi Peradilan
- Status Gunung Sinabung di Sumatera Utara, dinaikan menjadi Siaga mulai hari ini Minggu, 3 November 2013. Peningkatan status dilakukan setelah terjadi erupsi pada pukul 01.26 WIB. Pagi tadi, tinggi abu vulkanik yang dikeluarkan gunung tersebut mencapai 7.000 meter dengan arah angin ke barat.

Prediksi Liga Arab Saudi: Al Nassr vs Al Fayha

Dengan adanya kenaikan status ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merekomendasikan untuk mengungsikan masyarakat di desa Sukameriah, Bekerah, Simacem dan Nardinding. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada aktivitas di radius 3 kilometer dari kawah Sinabung.
3 Penyanyi Beragama Muslim yang Menyukai Lagu Rohani Nonis, Siapa Saja?


Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendrasto mengatakan, saat ini masih terus dilakukan kajian untuk memastikan karakter letusan Gunung Sinabung, terutama terkait kemungkinan letusannya yang bersifat magmatik.


"Kita evaluasi terus, karakternya saat ini memang masih abu. Apakah menuju magmatik, akan kita pantau terus. Magmatik belum tentu besar juga. Tapi sementara ini belum melihat ke arah sana," katanya kepada
VIVAnews
, Minggu, 3 November 2013.


Diketahui pada Minggu dini hari terdengar suara gemuruh sampai ke Pos Pengamatan Simpang Empat selama 10 Menit. Letusan Gunung Sinabung terpantau semakin sering dan ketinggian letusan juga semakin tinggi. Aktivitas Gunung Sinabung memang meningkat pada dua minggu terakhir ini.


Asap hitam keabuan juga keluar dari kawah gunung tertinggi di Sumut ini pada pukul 08.05 WIB, Kamis 24 Oktober 2013. Letusan membuat warga yang tinggal di sekitar kaki gunung panik. Letusan pagi itu disertai bunyi gemuruh. Tinggi letusan sekitar 3.000 meter. Abu vulkanik dari kawah gunung menyebar ke arah timur, tenggara, dan selatan.


Rabu kemarin, 23 Oktober 2013, Gunung Sinabung sesungguhnya juga meletus sekitar pukul 16.19 WIB. Tapi letusan itu lebih kecil dibanding letusan pagi ini yang dentumannya terdengar sampai ke kota. Hujan abu tebal pun terjadi di Karo.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya