3 Pesawat Hercules TNI Pengangkut Bantuan Tiba di Filipina

Tiga pesawat Hercules milik TNI ke Filipina
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVAnews - Tiga pesawat Hercules milik TNI yang mengangkut bantuan kemanusiaan dari Pemerintah Indonesia, tiba di Cebu, Filipina, pagi waktu setempat, Kamis, 14 November 2013.

Ketiga pesawat Hercules milik TNI tersebut membawa bantuan sebanyak 60 ton makanan siap saji, obat-obatan, pakaian, genset, dan selimut untuk korban bencana Topan Haiyan. Pengiriman bantuan dari Indonesia rencananya terus berlanjut hingga 17 November 2013.
 
Pengiriman bantuan untuk korban badai Topan Haiyan terbagi menjadi 3 sortie, menggunakan 3 pesawat Hercules A-1323, Hercules A-1319, dan Hercules A-1308.

Bantuan pertama dibawa pesawat Hercules pada Rabu, 13 November 2013, yang diterbangkan pukul 06.30 WIB, melalui Lanud Halim Perdanakusuma. Pesawat membawa bantuan sebanyak 25 ton.

Pesawat  kedua diterbangkan pukul 07.30 WIB melalui Lanud Halim Perdanakusuma, dengan membawa bantuan 12,5 ton dalam satu sortie. Sementara itu, pesawat  ketiga membawa bantuan sebanyak 22,5 ton. Rute penerbangan yang ditempuh adalah Halim-Balikpapan-Manado (bermalam)-Cebu Filipina.
 
Bantuan dari Pemerintah Indonesia merupakan bentuk kepedulian dan solidaritas sebagai sesama negara ASEAN. Bantuan tersebut digalang secara gabungan dengan dikoordinasi oleh Kemenko Kesra RI dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
 
Filipina adalah negara yang terkena dampak badai Topan Haiyan dengan kerusakan yang cukup parah di wilayah Filipina yang menyebabkan jatuhnya  ribuan  korban jiwa.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

Dampak yang diakibatkan sangat dahsyat, di mana ribuan rumah tinggal dan bangunan hancur tersapu angin super kencang. Topan "monster" berkecepatan 315 km/ jam ini telah melalap habis 6 pulau di Filipina, sehingga menyebabkan aktivitas warga lumpuh karena insfrastruktur hancur, listrik mati, dan jalur transportasi tidak bisa dilalui. (art)

Persib Bandung vs Bhayangkara FC

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Persib Bandung berbagi poin dengan Bhayangkara FC dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Duel digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024