Inilah Program TV Terbaik dan Terburuk

VIVAnews - Ratusan judul tayangan berseliweran di televisi tiap harinya. Untuk mengetahui kualitas tayangan di layar kaca, Yayasan Sains dan Estetika (SET), Yayasan Tifa, dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) mengadakan penelitian bertema "Menuju Televisi Ramah Lingkungan".

Intip Persiapan Telkomsel 'Mengukur Jalan' Jelang Lebaran

Menurut Koordinator Riset Yayasan SET, Agus Sudibyo, penelitian dilakukan untuk menjaring penilaian kelas berpendidikan tentang kualitas program televisi.

"Penelitian ini tidak berpretensi mengukur jumlah pemirsa suatu program televisi atau karakter pemirsa," kata Agus Sudibyo dalam paparan penelitian di FX Plaza, Kamis 2 April 2009.

Dari 220 responden yang diteliti, sebagian besar adalah sarjana berjumlah 111 orang, lulusan S2 atau lebih tinggi berjumlah 47 orang, lulusan diploma 16 orang, mahasiswa 24 orang, dan tamatan SLTA sebanyak 22 orang. "Kalangan terdidik diasumsikan bisa menilai lebih baik dibanding khalayak secara umum," kata Agus.

Dua stasiun televisi swasta, RCTI dan SCTV juga meraih penghargaan sebagai stasiun yang konsisten terhadap program berita.

Berikut program televisi terbaik dan terburuk berdasarkan hasil penelitian:

Program terbaik:

1. Kick Andy  (22,3 persen)
2. Seputar Indonesia (3,6 persen)
3. Liputan 6 Petang (3,2 persen)
4. Jejak Petualang (3,2 persen)
5. Jalan Sesama  (2,7 persen)

Program Terburuk:

1. Sinetron Muslimah
2. Sitkom Suami-suami Takut Istri
3. FTV Drama Indosiar
4. Bukan Empat Mata
5. Dangdut Mania Dadakan IV
6. Sinetron Cinta Fitri 3

Program terbaik di tiap stasiun televisi juga dipaparkan yakni untuk Trans 7 dengan Bocah Petualang (20%), TransTV dengan Bioskop TransTV (17%), MetroTV dengan program Kick Andy (36%), ANTV dengan Tawa Sutra (19%), TVOne dengan program Apa Kabar Indonesia Malam (21%), TPI dengan program Lintas 5 (11%), Global TV dengan program MTV Ampuh (19%), SCTV dengan program Liputan 6 Petang (45%), RCTI  dengan Seputar Indonesia (49%), Indosiar dengan program Mamah dan Aa (15%) dan TVRI dengan program Dunia Dalam Berita (26%).

Gedung Mahkamah Konstitusi

Sidang PHPU, KPU Tepis Sirekap Jadi Bagian Kecurangan Pemilu

Sirekap menjadi alat bantu untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas penyelenggara pemilu.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024