Hari Ini Putaran Kedua Pilkada Riau

Surat suara Pilkada Gubernur Riau putaran dua
Sumber :
  • Antara/ FB Anggoro

VIVAnews - Pagi ini masyarakat Riau akan melakukan pemilihan gubernur Riau putaran kedua, Rabu 27 November 2013. Dua kandidat akan bertarung memperebutkan kursi orang nomor satu yang kini dijabat oleh Penjabat Gubernur Riau Djohermansyah Djohan yang juga Dirjen Otda Kemendagri.

Dua kandidat yang akan bertarung adalah pasangan Herman Abdullah-Agus Widayat dan Annas Maamun-Andi Rachman. Masing-masing didukung partai besar.

Herman Abdullah adalah mantan Wali Kota Pekanbaru selama dua periode. Dan wakilnya, Agus Widayat, masih menjabat Wakil Wali Kota Dumai. Pada putaran kedua ini, Herman Abdullah-Agus Widayat kini mendapat dukungan dari partai-partai besar. Di antaranya adalah Partai Amanat Nasional dan Partai Demokrat.

Sementara Annas Maamun merupakan Bupati Rokan Hilir. Saat ini Annas juga menjadi Ketua DPD I Partai Golkar Riau. Dan wakilnya, Andi Rachman, merupakan pengusaha sukses yang saat ini duduk di Senayan sebagai Anggota DPR RI daerah pemilihan Riau. Selain didukung Partai Golkar, Annas pada putaran kedua Pilkada Riau ini juga didudukung Partai Keadilan Sejahtera dan PDI Perjuangan, termasuk juga PKB.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau, Lena Farida mengatakan, Penjabat Gubernur Riau Djohermansyah Djohan sudah melayangkan surat kepada bupati/walikota se-Riau, perusahaan, lembaga dan instansi yang menetapkan tanggal 27 November 2013 sebagai hari libur.

Ada Konflik Israel-Iran, Pemerintah Bakal Beri Bansos?

"Surat tersebut disampaikan juga kepada semua perusahaan. Sebab pemilihan gubernur merupakan pesta demokrasi masyarakat Riau. Karena itu semua pihak harus mensukseskannya," terang Lena.

Sementara untuk pengamanan Pilkada putaran kedua, Polda Riau akan meminta bantuan pasukan tambahan ke Mabes Polri. "Kami akan meminta bantuan pengamanan dari Mabes Polri sebanyak tiga satuan setingkat kompi," ujar Kapolda Riau, Brigadir Jenderal Pol Condro Kirono.

Ia menyebutkan sejauh ini kondisi riau cukup kondusif. Apalagi sejak 16 Agustus 2013 lalu Polda Riau menetapkan status siaga satu di Riau. "Ribuan personel selama ini disiagakan. Mereka menjalankan tugas sesuai pembagian tugas yang tersebar di 12 kabupaten/kota di Riau," tambah Condro.

Ia menjelaskan bahwa BKO dari Mabes Polri sebanyak tiga SSK Brimob itu akan ditempatkan di daerah perbatasan provinsi Riau. "Mereka berasal dari Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Jambi," ungkapnya.

Masih menurut Condro, ada 11.922 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan diamankan ditambah 13 TPS khusus di Rumah Tahanan dan Lembaga Pemasyarakatan. (umi)

Ilustrasi berkendara motor.

Aksi Pengendara Motor Wanita Gagal Menanjak hingga Jatuh Terguling

Baru-baru ini terdapat sebuah rekaman video di media sosial yang menunjukkan aksi pengendara motor wanita, yang berboncengan dengan kawannya sedang menanjak sebuah jalana

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024