Diperiksa KPK 8 Jam, Wali Kota Airin Irit Bicara

Airin Rachmi Diany, Wali Kota Tangerang Selatan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVAnews – Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi, Selasa 10 Desember 2013, dari pukul 09.35 WIB hingga 17.20 WIB – nyaris delapan jam.

Sosok Pria yang Ikut Terseret Kasus Narkoba Chandrika Chika, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Pemeriksaan itu terkait kasus suap penanganan sengketa Pilkada Lebak, Banten, yang menjerat suaminya, Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan dan mantan Ketua MK Akil Mochtar.

Usai diperiksa, Airin enggan berkomentar terkait pemeriksaan tersebut. “Hari ini saya memenuhi panggilan KPK sebagai saksi kasus suap. Sudah ya,” ujar Airin di kantor KPK.

Adik ipar Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah itu tidak menghiraukan pertanyaan wartawan dan langsung meninggalkan gedung KPK dengan mobil Innova.

Selain Airin, KPK hari ini juga menjadwalkan memeriksa Ratu Atut. Sebelumnya, ajudan Atut yang merupakan pegawai negeri sipil di Pemerintah Provinsi Banten, Nur Aisah Kinanti, juga diperiksa KPK. KPK pun memeriksa Asisten Daerah III Pemprov Banten Zainal Mutaqin, ajudan Wakil Bupati Lebak Amir Hamzah yang bernama Deni Saputra, dan calon bupati Lebak Kasman bin Saelan.

Airin dan Atut sama-sama diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Akil Mochtar. Akil disangka menerima suap Rp1 miliar dari Wawan melalui pengacara Susi Tur Andayani.

Untuk diketahui, Pilkada Lebak dimenangkan oleh pasangan Iti Octavia dan Ade Sumardi yang didukung koalisi Partai Demokrat, PDI Perjuangan, Partai Hanura, Partai Gerindra, PPP, PKS, dan PPNU. Mereka menang dengan perolehan suara 407.156 suara (62,37 persen). Sementara posisi kedua ditempati oleh Amir Hamzah-Kasmin yang diusung Partai Golkar dengan raihan 226.440 suara (34,69 persen).

Pasangan Amir Hamzah-Kasmin kemudian menggugat ke MK atas tuduhan penggelembungan suara. Gugatan ini kemudian dikabulkan MK. Majelis hakim yang saat itu diketuai Akil Mochtar memutuskan Pilkada Lebak perlu diulang. (sj)

Forum on “Expansion of Job Opportunities in Japan for Indonesia Resources”

Siapkan Tenaga Kerja yang Kompeten, Kemnaker Ajak Jepang Investasi Pelatihan Bahasa

Kemnaker mengajak pemberi kerja Jepang untuk berinvestasi dalam memberikan pelatihan bahasa Jepang bagi kandidat SSW Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024