Gempa Lokal, Gunung Merapi Semburkan Asap

Desa Kinahrejo terletak di desa yang berada di kaki Gunung Merapi
Sumber :
VIVAnews
Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini
- Gunung Merapi yang berada di wilayah perbatasan Jawa Tengah dan DIY kembali menghembusan asap putih kecoklatan setinggi 500 meter hari ini. Akibatnya peningkatan aktivitas Merapi ini, sebagian wilayah Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, mengalami hujan abu tipis.

Otto Hasibuan: Kami Minta Megawati Dipanggil di Sidang MK, Mau Enggak?

"Merapi menghembuskan asap putih kecoklat-coklatan terjadi pada pukul 08.10 WIB pagi tadi," kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Subandriyo, Kamis, 12 Desember 2013.
Andai Tak Ada Championship Series, Borneo FC Sudah Juara Liga 1 Musim Ini


Wilayah Cepogo yang terjadi hujan abu tipis kata Subandriyo karena arah angin saat hembusan asap mengarah ke utara timur laut sehingga warga yang berada di selatan lereng Merapi tidak terdampak hujan abu ini.


"Untuk warga Yogyakarta memang tidak merasakan adanya hujan abu tipis," jelasnya.


Menurut dia, sebelum terjadi aktivitas berupa hembusan setinggi 500 meter, tercatat adanya satu kali gempa tektonik lokal pada pukul 01.24 Wib yang terpantau dari pos pengamatan Pusung London. Kekuatan gempa sekitar 1-2 SR.


"Meski gempanya skalanya kecil namun memicu terjadinya aktivitas pelepasan gas. Ditambah dengan curah hujan yang tinggi," katanya.


Subadriyo menambahkan, paska hembusan awan tipis, aktivitas Gunung Merapi kembali normal dan tidak ada aktivitas yang signifikan.


"Hembusan asap tadi merupakan aktivitas yang wajar dan masyarakat tak perlu khawatir berlebihan namun tetang meningkatkan kewaspadaan karena tinggal di daerah rawan bencana," katanya.


Seperti diketahui aktivitas berupa hembusan Merapi sudah terjadi beberapa kali, terakhir 18 November 2013 Merapi mengeluarkan asap coklat ke hitaman setinggi 2.000 Meter. Akibatnya terjadi hujan pasir dan abu yang cukup tebal di Boyolali. Hujan abu hingga Kartosuro dan barat Kota Solo. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya