Berselimut Abu Kelud, Borobudur & Prambanan Ditutup

Candi Borobudur
Sumber :
  • http://1.bp.blogspot.com
VIVAnews
Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat
- Hujan abu vulkanik yang menerjang Yogyakarta dan Jawa Tengah tidak saja mengakibatkan aktivitas bandara dihentikan, tapi juga aktivitas wisata.

Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya

Tiga obyek wisata yang sering di kunjungi wisatawan dari dalam negeri dan luar negeri dipastikan tutup sementara. Setidaknya pengelola candi Borobudur, Prambanan dan candi Ratu Boko menutup tiga obyek wisata tersebut akibat candi diselimuti abu hasil erupsi Gunung Kelud.
Jadwal SIM Keliling Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung Kamis 25 April 2024


"Mulai hari ini ketiga candi itu kita tutup sementara hingga ada pemberitahuan dari Balai Konservasi Candi Borobudur dan Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY untuk dibuka kembali," kata Sekretaris PT Taman Wisata Candi, Achmad Muchlis di Yogyakarta, Jumat, 14 Februari 2014


Pihak pengelola meminta maaf kepada calon wisatawan yang akan berkunjung ke tiga candi tersebut karena kondisi candi tertutup abu vulkanik. "Ini kejadian diluar prediksi kita sehingga kita minta maaf kepada wisatawan yang sudah punya rencana untuk berkunjung ke salah satu candi yang kita kelola," katanya.


Di kawasan Malioboro,  Polresta Yogyakarta mencoba melakukan pembersihan abu vulkanik dengan mobil water cannon di sepanjang jalan hingga titik nol kilometer agar debu tidak terlalu mengganggu pengunjung dan pengguna jalan.


"Kegiatan ini murni kepedulian kita kepada masyarakat khususnya di sepanjang Jalan Malioboro agar tetap nyaman untuk berkunjung atau sekadar lewat," kata salah satu petugas dari Polresta Yogyakarta yang ikut membersihkan debu.


Sementara itu para pedagang kaki lima yang berjualan di emperan toko sepanjang jalan Malioboro juga terlihat sibuk membersihkan debu yang menempel di lapaknya. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya