Boediono: Banyak Perempuan Lebih Cerdas dari Laki-laki

Mantan Wapres Boediono
Sumber :
  • ANTARAFOTO/Geri Aditya

VIVAnews - Wakil Presiden (Wapres) Boediono membuka Kongres Muslimah Indonesia (KMI) di Istana Bogor, Jawa Barat, Sabtu 8 Maret 2014. Dalam sambutannya, Boediono menyatakan bahwa kongres tersebut memiliki makna yang penting sebagai forum musyawarah organisasi muslimah khususnya jelang Pemilu 2014.

"Ini momentum untuk meneruskan peran muslimah dalam berbangsa dan bernegara," kata Boediono.

Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) itu mengakui tantangan perempuan dalam membangun bangsa diera ekonomi pasar bebas ini jauh lebih besar daripada dahulu. Oleh karena itu, dia meminta mereka lebih giat dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan, akar budaya kepada keluarga, masyarakat, bangsa dan juga negara.

"Indonesia akan membuka ruang gerak dan memberi kesempatan berkiprah bagi perempuan seluas-luasnya," ujarnya.

Merujuk pada ajaran agama Islam, Boediono menegaskan posisi perempuan begitu dihargai dan dihormati. Islam, katanya, menempatkan keduanya dalam posisi seimbang.

"Sama-sama punya hak dan kewajiban dalam keluarga, dan dibebani kewajiban yang sama oleh syariah," katanya.

Boedino melanjutkan bahwa Islam juga tidak pernah melarang mereka untuk maju. Dia pun mengakui peran perempuan dalam membangun masyarakat, bangsa dan negara begitu besar.

"Bahkan dalam banyak kasus perempuan banyak yang lebih cerdas dan sukses daripada laki-laki. Itu membuktikan bahwa tidak semua hal bisa ditangani lelaki, karena sebagian besar memang lebih baik jika dilakukan perempuan," imbuhnya.

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Lentera Keluarga

Lebih lanjut, mantan Menteri Koordinator Perekonomian ini menilai sosok muslimah selalu menjadi lentera-lentera yang menerangi keluarga, masyarakat, negara dan umat disetiap masa. Mereka senantiasa berkontribusi melalui kemampuan, kecerdasan dan potensi yang dimilikinya.

"Melalui kongres ini, saya berharap muslimah merumuskan peran dan aksi strategis dalam menghadapi tantangan global. Kemudian dapat melahirkan konsep, program kongkrit sehingga mengantarkan hasil yang bermakna bagi kemakmuran bangsa demi masa depan yang lebih baik," urainya.

Untuk diketahui, Kongres Muslimah Indonesia yang akan digelar dari Sabtu 8 Maret 2014-Minggu 10 Maret 2014 ini merupakan yang pertama. Boediono datang sekitar pukul 10.00 WIB dengan ditemani oleh istrinya, Herawati.

Selain keduanya, turut hadir Wakil Menteri Agama, Nasaruddin Umar dan Menteri Pemberdayaan Perempuan era Presiden BJ Habibie Tuty Alawiyah AS yang menjadi Ketua Panitia Pengarah KMI. (ren)

PKB dan PKS Sepakati Koalisi di Pilkada Serentak 2024, Khususnya di Jateng dan Jatim
PT Bumi Resources Minerals Tbk. (ilustrasi)

Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023

PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) menyampaikan total pendapatan sepanjang tahun 2023 mencapai US$46,63 juta.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024