Kemendikbud Segera Bayar Tunjangan 800.000 Guru

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh
Sumber :
  • VIVAnews/Daru Waskita
VIVAnews -
Rumah Dekat Asrama Brimob di Slipi Dilahap Si Jago Merah, 17 Mobil Pemadam Dikerahkan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh, mengatakan pihaknya segera membayar lunas semua tunjangan profesi guru. Tunjangan itu akan diberikan untuk sekitar 816.651 guru di seluruh Indonesia.

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua

"Tunggakan total ada sekitar Rp6,3 triliun, namun sudah dialokasikan di tahun 2014. Kami tinggal tunggu audit dari Badan Pemeriksa Keuangan Pembangunan (BPKP) lebih dulu," ujar Mohammad Nuh saat ditemui di kantornya, Jakarta, Sabtu 22 Maret 2014.
Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana


Selain oleh BPKP, audit juga dilakukan oleh Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendikbud. Hasil audit itu nantinya akan dialokasikan ke tahun 2014. Uang tersebut, kata Nuh juga terpendam di Kabupaten Kota sejak tahun 2010-2013.


"Uang ada, tapi belum dipakai dan disalurkan. Inilah yang akan diselesaikan dan dikoordinasikan dengan Kementerian Keuangan dan BPKP," kata Nuh.


Nuh menjelaskan, tunjangan yang menunggak bukan hanya yang akan dibayarkan pada PNS saja, melainkan juga untuk profesi guru non-PNS. Dengan demikian, Nuh berharap tunjangan triwulan satu akan dibayarkan pada akhir bulan Maret tahun ini.


"Ini sudah mulai dicairkan sampai minggu pertama bulan April. Tunjangan itu pun akan disampaikan dengan cara transfer," ujar Nuh. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya