Jelajah Maluku, Ekspedisi NKRI Temukan Banyak Spesies Baru

Tim Flores Kopassus evakuasi pesawat Sukhoi
Sumber :
  • VIVAnews/ Ikhwan Yanuar
VIVAnews
DPP Berani Ungkap Indonesia sedang Dilanda Krisis Paling Berbahaya
- Ekspedisi NKRI Koridor Maluku dan Maluku Utara mulai membuahkan hasil. Setelah tiga bulan menjelajah, tim gabungan itu menghasilkan banyak temuan baru. Tim ini mencatat sebanyak 382 spesies flora dan 341 fauna baru ditemukan.

Prediksi Semifinal Piala FA: Coventry City vs Manchester United

Ekspedisi dukungan Korps Pasukan Khusus itu, yang berlangsung mulai tanggal 6 Februari sampai dengan 26 Juni 2014, juga menemukan berbagai macam temuan. Di bidang geologi terdapat 65 temuan batuan pasir mengandung besi dan sumber air panas, dan di bidang potensi bencana ada 50 temuan tanah longsor dan abrasi pantai.
Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, 3 Orang Jadi Korban


Di bidang kehutanan ada 216 temuan hutan rusak dan
illegal logging
, bidang sosial budaya terdapat 125 suku, adat istiadat, goa, tarian, legenda, dan cerita rakyat baru, dan bidang komunikasi sosial tim menemukan 109 kegiatan (fisik 51 kegiatan dan non fisik 58 kegiatan).


Ekspedisi NKRI bertujuan mengetahui secara rill akan hutan rimba, melakukan kegiatan di luar penelitian dengan menjalin tali silaturahim dengan masyarakat sekitar serta menyosialisasikan akan pentingnya lingkungan dan alam bagi manusia. Kegiatan ini melibatkan 830 orang yang terdiri dari berbagai unsur TNI, Polri, Mahasiswa, Peneliti, Kementrian/Lembaga, serta masyarakat.


Kegiatan ekspedisi ini dibagi menjadi delapan (8) wilayah subkorwil meliputi, Subkorwil-1 Masohi di Kabupaten Maluku Tengah, Subkorwil-2 Tual di Kabupaten Maluku Tenggara, Subkorwil-3 Namlea di Kabupaten Buru, Subkorwil-4 Saumlaki di Kabupaten Maluku Tenggara Barat.


Subkorwil-5 Ternate di kota Ternate dan Kabupaten Halmahera Barat, Subkorwil-6 Tidore di Kota Tidore Kepulauan dan Kabupaten Halmahera Tengah, Subkorwil-7 Tobelo di Kabupaten Morotai dan Subkorwil-8 Labuha di Kabupaten Halmahera Selatan.


Sebelumnya, Ekspedisi serupa pernah dilakukan di Bukit Barisan, wilayah Sumatera Utara, tahun 2011, Ekpedisi Khatulistiwa Kalimantan tahun 2012, dan Ekspedisi Sulawesi tahun 2013. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya