BNN Sidak Narkoba di Markas TNI AD

BNN Periksa urine TNI
Sumber :
  • VIVAnews/Tudji Martudji

VIVAnews - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Surabaya menggelar sidak narkoba di Markas Komando Yonif 516 Cakra Yudha / Branjangan di Jalan Kesatrian, Surabaya, Senin 2 Juni 2014.

Didampingi Komandan Yonif 516 CY / Branjangan Letkol Infanteri Akatoto, BNN melakukan tes urine terhadap ratusan personil TNI Angkatan Darat itu.

Respons Surya Paloh Soal Waketum Nasdem Sambangi Rumah Prabowo Subianto Malam Ini

Kepala BNN Kota Surabaya Ajun Komisaris Besar Polisi Debora Djihartin mengatakan, kegiatan ini merupakan sinergi TNI dan BNN untuk mewujudkan personil yang bersih dari narkoba.

"Ini untuk mencegah dan memperkecil potensi bahaya narkoba, bukan untuk menghakimi," kata Debora.

Pemeriksaan tes urine prajurit TNI ini juga dalam rangka mewujudkan instansi yang bersih dan solid. Bila dalam rangkaian pemeriksaan ini ditemukan anggota yang positif menggunakan narkoba, BNN kata Debora akan melakukan tindakan lanjutan.

"Jika ditemukan, mereka akan dilakukan pembinaan, dengan dilakukan terapi," ujarnya.

Sementara itu, Komandan Yonif 516 CY Brajangan, Letkol Infanteri Akatoto mengatakan sebanyak 100 orang anggotanya menjalani pemeriksaan urine oleh petugas BNN. Menurutnya kegiatan penting untuk menunjang tugas TNI.

"Selain sebagai wujud dukungan terhadap program pemerintah, juga guna menyelamatkan prajurit dari pengaruh bahaya narkoba," ujar Akatoto.

Akatoto tidak menampik pernah ada anggotanya yang kedapatan terindikasi pengguna narkoba. Namun kata dia, kejadian itu sudah lama terjadi.

"Dia merupakan anggota pindahan yang masuk sini. Setelah temannya yang di luar ditangkap dia kemudian ikut dilakukan pemeriksaan, guna melanjutkan proses hukum," terang perwira menengah TNI ini. (ita)

Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi bersama Presiden of JICA Akihiko Tanaka

Kunjungan ke Jepang, Sekjen Kemnaker Terus Berupaya Tingkatkan Kerja Sama Pengembangan SDM

Sekjen Anwar mengungkapkan, saat ini Kemnaker sedang melakukan pengembangan fungsi Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP).

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024