Gubernur Jateng Larang Mobil Dinas Dipakai Mudik

Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melarang keras penggunaan mobil dinas digunakan untuk mudik oleh seluruh pegawai negeri sipil. Sesuai peraturan, larangan penggunaan mobil dinas untuk keperluan non dinas memang tidak diperbolehkan.

"Sesuai aturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tidak boleh, " kata Ganjar di Semarang, Kamis, 17 Juli 2014.

Aturan yang berlaku di jajaran PNS Pemprov Jateng itu menurutnya telah disampaikan langsung kepada pelaksana tugas Sekretaris Daerah Jateng Sri Puryono untuk dikomunikasikan kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemprov Jateng.

"Sudah diurus Sekda. Kalau tidak boleh ya jangan dilakukan, saya minta taruh di 'pool' saja mobil dinasnya," ujarnya.

Namun Ganjar mengaku larangan itu diserahkan kepada masing-masing kabupaten dan kota, apakah akan diterapkan atau tidak. Menurut Ganjar, bupati/wali kota memiliki hak masing-masing untuk merumuskan kebijakannya.

"Biar diputuskan oleh masing-masing," kata dia.

Menanggapi sejumlah kepala daerah di Jateng yang telah mengizinkan pemakaian mobil dinas untuk mudik lebaran, Ganjar sedikit menyentilnya. Ia meminta media untuk mencari tahu alasan diperbolehkannya aturan itu.

"Tanyakan itu ke bupatinya, kenapa kok mengizinkan. Padahal Menpan-RB jelas-jelas melarangnya," katanya.

UEA dan Indonesia Kolaborasi Kembangkan Pencak Silat dan Bulutangkis

Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 1983 telah  menyatakan bahwa kendaraan dinas hanya untuk kepentingan dinas. Artinya, larangan penggunaan mobil dinas untuk keperluan mudik Lebaran memang didasari aturan yang jelas.

Namun, penggunaan mobil dinas masih menjadi perdebatan sejumlah elite di pemerintah daerah. Ada sejumlah kepala daerah yang mengizinkan penggunaan mobil dinas untuk mudik, seperti di Kabupaten Semarang. Alasannya untuk meminimalisir para PNS agar tidak bolos kerja pasca libur lebaran berakhir. (ms)

Partai Pendukung Prabowo-Gibran Akan Kumpul, Termasuk PKB-Nasdem Diajak
Cawapres sekaligus Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin

Pilpres Berakhir, Cak Imin Sebut Timnas Amin Akan Dibubarkan Besok Pagi di Rumah Anies

Cak Imin menjelaskan bahwa pembubaran Timnas Amin akan dilakukan di rumah Anies Baswedan, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024