Ke Timor Leste, SBY Wariskan Peluang Kerja Sama untuk Jokowi

PM Timor Leste Xanana Gusmao dan Presiden SBY.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan akan berkunjung ke Dili, Timor Leste, hari ini. Rencananya kunjungan itu akan dilakukan hingga 27 Agustus 2014.
DPP Berani Ungkap Indonesia sedang Dilanda Krisis Paling Berbahaya

"Kunjungan ini dilakukan atas undangan Presiden Timor Leste," kata Staf Khusus Kepresidenan Bidang Luar Negeri Teuku Faizasyah dalam siaran persnya.
Prediksi Semifinal Piala FA: Coventry City vs Manchester United

Kunjungan ke Timor-Leste kali ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan oleh Presiden Yudhoyono, setelah kunjungan sebelumnya dilakukan pada 19 Mei 2012.
Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, 3 Orang Jadi Korban

Dalam kunjungan, SBY dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Taur Matan Ruak dan PM Kay Rala Xanana Gusmao. 

Adapun agenda pertemuan itu, membicarakan kerja sama di bidang ekonomi, pendidikan, konektivitas, dan people-to-people contact. Selain itu, juga akan dibahas isu-isu regional dan global yang menjadi perhatian bersama kedua negara.

SBY juga akan melakukan penandatangan sejumlah Nota Kesepahaman (MoU) dengan Timor Leste di bidang perikanan dan kelautan, bidang pendidikan dan kebudayaan, bidang teknologi informasi, dan Development on Regional Integrated Economic Approach (DRIEA). 

SBY pun akan diminta meletakkan batu pertama pendirian Gedung Pusat Budaya Indonesia di Dili.

Pertemuan kedua pemimpin negara ini akan dimanfaatkan untuk membahas berbagai raihan kerja sama sekaligus mengeksplorasi peluang-peluang kerja sama baru. Utamanya bidang-bidang kerjasama yang dapat ditindaklanjuti oleh pemerintahan RI di bawah Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Sebagaimana diketahui, SBY akan mengakhiri masa tugasnya sebagai Presiden RI pada 20 Oktober 2014 mendatang. SBY akan digantikan oleh Presiden terpilih pada pemilu presiden lalu, Joko Widodo. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya