Gunung Lokon Meletus, 40 Pendaki Dijemput Turun

Pendaki Gunung
Sumber :
  • http://4.bp.blogspot.com

VIVAnews - Gunung Lokon yang terletak di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, telah meletus sebanyak tiga kali, Sabtu 13 September 2014. Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Surono mengatakan, 40 orang yang sedang mendaki, terpaksa dijemput.

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Para pendaki kemudian diarahkan ke daerah dengan radius aman. Menurut keterangan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), gunung yang memiliki tinggi 1.580 meter itu meletus pada pukul 03.00, 11.36, dan 16.00 Waktu Indonesia Tengah (WITA).

"Sekitar pukul 10.00 WITA tadi kami menurunkan 40 pendaki Gunung Lokon," kata Surono.

Mbah Rono, panggilan akrab dari Surono, menambahkan, letusan Gunung Lokon mempunyai kemiripan dengan Gunung Slamet. Letusan sudah berbentuk larva yang pijar dengan ketinggian mencapai 500 meter.

"Karakternya Gunung Lokon hampir sama dengan Gunung Slamet yaitu mengeluarkan larva pijar yang encer, sehingga radius daerah berbahaya tetap 2,5 kilometer," jelasnya.

Meski begitu, lanjut Surono mengatakan letusan Gunung Lokon sejauh ini masih sulit diprediksi. Dia berharap, karakter Gunung Lokon tidak berubah.

"Lokon mengeluarkan isi perut semuanya sampai ke ampas-ampasnya, sehingga tampak lava pijar di puncak gunung dan radius daerah berbahaya tidak seperti saat erupsi Gunung Merapi tahun 2010 yang lalu," imbuhnya. (ita)

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023
Game MMORPG Tarisland.

Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia

Nimo secara khusus mengundang game MMORPG Tarisland yang sangat dinantikan-nantikan. Para tamu yang diundang, di antaranya streamer Depinaa dari Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024