Kontrasepsi untuk Anjing Jadi Cara Tekan Rabies

Ahok diacara Hari Rabies
Sumber :
VIVAnews
Kombes Ade Ary Blak-blakan Soal Kasus Aiman yang Disetop, Alasannya Bukan Politis
- Penularan rabies dari gigitan anjing ke manusia masih saja terjadi meskipun angkanya sudah relatif turun. Berdasarkan laporan Kerja Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2LP), kasus rabies di Indonesia mengalami penurunan hingga 90 persen sejak tahun 2010-2014.

Bom Temuan Bekas Perang Dunia II Diledakkan di Lanud Silas Papare

Namun demikian  penyakit ini perlu terus diantisipasi mengingat pertumbuhan populasi anjing liar yang tidak terkontrol terus bertambah. Tindakan pengendalian populasi anjing untuk pengendalian rabies  sudah banyak dilakukan oleh masyarakat.
Lippo Karawaci Cetak Pendapatan Rp 17 Triliun di 2023, Kantongi Laba Bersih Rp 50 Miliar


Kebanyakan tindakan dilakukan menggunakan metode pengendalian populasi yang kejam karena minimnya pengetahuan dan rasa takut terhadap rabies, seperti dengan memberikan racun, menyetrum, dan menenggelamkan anjing. 


“Metode yang tidak manusiawi dengan membunuh atau meracuni bukan menjadi solusi etis dan terbukti gagal dalam mengendalikan populasi anjing,” kata Dosen Fakultas Kedokteran Hewan UGM, Prof. Drh. Aris Junaidi, Ph.D., Senin 29 September 2014.


Aris menegaskan pengendalian populasi anjing bisa dilakukan dengan cara yang lebih manusiawi yakni dengan metode kontrasepsi. Untuk populasi anjing dalam jumlah besar, lanjutnya, metode kontrasepsi  non-operasi dengan implan Deslorelin lebih tepat diterapkan.


Pasalnya metode ini memiliki prosedur yang sederhana, tidak membutuhkan pembiusan dan perwatan pasca operasi.


“Aplikasinya pada anjing jantan karena mereka aktif secara seksual sepanjang tahun,” terang pria kelahiran Purworejo, 4 Juni 1963 ini.


Superagonis Gonadotrophin Releasing Horomone (GnRH) Deslorelin dalam bentuk slow release implan dapat memberikan efek sterilitas pada anjing jantan maupun betina delam 1 tahun. Sementara reimplantasi akan memberikan efek yang sama yaitu menekan fertilitas selama 1 tahun dan bersifat reversible.


“Metode ini menawarkan strategi kontrol populasi anjing sebagai upaya menekan kasus rabies di Indonesia,” katanya.


Aris menyampaikan pengendalian rabies dengan menggabungkan program vaksinasi dan kontrasepsi hormonal secara sistemik dan terarah di lapangan menjadi program fundamental yang perlu dilakukan untuk mengeliminasi rabies.


Dengan diterbitkannya Perpres No. 30 Tahun 2011 tentang pengendalian zoonosis yang multisektor dengan melibatkan 17 kementerian dan lembaga yang terlibat di dalamnya diharapkan pengendalian penyakit bersumber dari hewan terutama rabies bisa lebih efektif dan optimal.


“Pada akhirnya diperlukan komitmen bersama dalam pengendalian dan penanggulangan zoonosis terutama rabies di Indonesia demi tercapainya Indonesia bebas rabies 2020,” tandasnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya