Penumpang Pelabuhan Lombok Barat Menumpuk

Truk antre di Pelabuhan Merak, Banten
Sumber :
  • ANTARA/Asep Fathulrahman
VIVAnews
Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya
- Lumpuhnya dermaga satu Pelabuhan Padang Bae Amlapura Karang Asem Bali, membuat Angkutan Sungai dan Penyeberangan (ASDP) cabang Lembar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, memberlakukan sistem buka tutup dermaga. Akibatnya, ratusan calon penumpang pun menumpuk di pelabuhan.

Terpopuler: Alasan Heerenveen Lepas Nathan Tjoe-A-On, Calon Kiper Timnas Indonesia Sabet Scudetto

ASDP Cabang Padang Bae sejak Jumat 10 Oktober 2014 sedang memperbaiki salah satu dermaganya yang rusak akibat kecelakaan kapal Andika Nusantara. Kabarnya kapal tersebut mengalami kerusakan pada mesin, kemudian menabrak dermaga.
Keren Banget, Sherina Main Teater Musikal Bareng Anak-Anak Sekolah


"Pada Jumat terjadi kecelakaan di Pelabuhan Padang Bae. Karena antara Padang Bae dan Lembar merupakan penyeberangan dua sisi, jadi di sini kami memberlakukan sistem buka tutup," kata Manajer Operasional ASDP Cabang Lembar, Eko Yulianto, Minggu 12 Oktober 2014.


Eko mengatakan, penumpukan volume calon penumpang terjadi karena Pelabuhan Padang Bae Bali sedang melakukan perbaikan pada salah satu dermaganya. Sebab, insiden kapal menabrak dermaga itu mengakibatkan kerusakan serius pada kapal dan salah satu dermaga.


Keadaan itu diakuinya tidak hanya berdampak pada penumpukan calon penumpang, kemacetan sepanjang 2 kilometer lebih pun tak terhindarkan. Saat ini, antrean didominasi kendaraan roda empat dan truk angkutan barang.


"Sampai kapan saya sendiri belum tahu, sepertinya proses perbaikan memakan waktu cukup lama karena kerusakannya cukup parah," katanya.


Senada dijelaskan Kepala Otoritas Pelayanan Pelabuhan (OPP) Lembar, Zulmardi yang menurutnya inti permasalahan ada pada dermaga satu Padang Bae. Lumpuhnya salah satu fasilitas dermaga itu berdampak pada operasional penyeberangan kapal yang berangkat.


Ia mengemukakan, operasional yang dimiliki ASDP cabang Lembar saat ini cukup untuk melakukan pemberangkatan secara normal guna meminimalisasi penumpukan penumpang tersebut. Namun, kendalanya, saat berlabuh nanti Pelabuhan Padang Bae tak cukup tempat untuk melakukan bongkar muat.


"Kalau pemberangkatan dari Lembar normal, kasihan penumpangnya akan terapung di laut menunggu kapal bersandar. Jadi, lebih baik menunggu di darat saja," tuturnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya