Hasil Tes Wawasan Kebangsaan Anak Jokowi di Bawah Standar

Kahiyang Ayu saat mengikuti tes seleksi CPNS Pemkot Solo.
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Shodiq

VIVAnews - Puteri kedua Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, hari ini mengikuti tes CPNS di Gedung Bakorwil II Surakarta, Kamis, 23 Oktober 2014. Melihat hasil tes CPNS dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT), Kahiyang Ayu hanya mendapatkan nilai 300.

Berdasarkan pantauan VIVAnews, hasil tes CPNS menggunakan CAT sudah bisa dilihat usai tes berakhir. Dari deretan hasil tes CPNS itu, Kahiyang Ayu mendapatkan nilai 300. Kahiyang Ayu yang memiliki nomor peserta 337205600491005 berada di peringkat 105 dari 196 peserta yang mengikuti tes sesi tiga pada hari Kamis ini untuk formasi Pemeriksa Pertama.

Nilai 300 poin itu terdiri dari 50 untuk tes wawasan kebangsaan (TWK), nilai 95 untuk tes inteligensi umum (TIU) dan 155 untuk nilai tes karakteristik pribadi (TKP). Berdasarkan dari ketiga nilai itu, nilai tes wawasan kebangsaan Kahiyang kurang bagus.

Sementara itu Lancer Naibaho, Sekretaris Pelaksana Tes CPNS Pemkot Solo mengungkapkan jika Kahiyang Ayu tidak mendapatkan perlakuan khusus dalam tes kali ini. Seperti peserta lainnya, Kahiyang juga duduk mengantre untuk registrasi peserta.

"Kahiyang nggak terlambat. Nggak ada yang diistimewakan. Kahiyang juga duduk mengantre untuk registrasi. Saat tes juga tidak ada Pasmpampres. Pokoknya semua sesuai protap," ungkap Lancer.

Lancer sempat ditanya perihal kelolosan Kahiyang dalam seleksi CPNS. Ia menjawab, lolos atas tidak tergantung nilai yang didapat dan juga nilai peserta lainnya.

"Belum tahu lolos atau tidak. Karena juga melihat nilai Kahiyang dan nilai peserta lain. Yang jelas semua yang menentukan adalah Panselnas, " katanya.

Jika merujuk pada aturan Panselnas tentang kelolosan peserta CPNS maka nilai Kahiyang Ayu kurang memenuhi passing grade. Passing grade yang ditetapkan Panselnas adalah 70 poin untuk tes wawasan kebangsaan (TWK), nilai 75 untuk tes intelegensi umum (TIU) dan 126 poin untuk tes karakteristik pribadi (TKP).

Sementara nilai tes wawasan kebangsaan (TWK) yang diperoleh Kahiyang Ayu adalah 50 poin.

RS Polri Sebut Jasad Kebakaran Toko Frame Mampang Luka Bakar Sampai 100 Persen

Baca juga:

Bertemu Tony Blair, Menko Airlangga Bahas Inklusivitas Keuangan Hingga Stabilitas Geopolitik


Jaga Toko Kue Sendirian, Pegawai Wanita Ini Jadi Korban Tindakan Asusila



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya