Menteri Ferry Butuh 20 Tahun Inventarisir Tanah di Indonesia

Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
VIVAnews
Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi
- Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan mengatakan saat ini jumlah bidang tanah di seluruh Indonesia pada saat ini terdapat sekitar 85,8 juta bidang. Tetapi saat ini yang belum terdaftar 45,2 juta bidang tanah.

Kubu Ganjar-Mahfud Ingin Suara Prabowo-Gibran Nol, Begini Kata KPU

Menurut Ferry, dengan kemapuan yang ada selama ini, Menteri Agraria dan Tata Ruang atau yang dulu namanya Badan Pertanahan Nasional (BPN) hanya bisa melaksanaan pendataan tanah 2 juta bidang tanah per tahun. Jadi untuk menyelesaikan pendaftaran tanah di Indonesia memerlukan waktu selama 20 tahun.
BI Pastikan Masyarakat di Lebaran 2024 Dapat Uang Baru


"Sehingga memerlukan terobosan-terobosan untuk mempercepat pesertifikatan tanah di seluruh Indonesia," kata Ferry di kator BPN RI, Kembangan , Jakarta Barat, Minggu 2 November 2014.


Disampaikan Ferry, untuk mendukung percerpatan pesertifikatan tanah, akan dilakukan inovasi-inovasi diantaranya pelayanan satu hari (One Day Service), Pelayanan Malam Hari (Evening Service), Layanan Tujuh Menit (Lantum).


Kemudian, Layanan Anggota Masyarakat yang menyangkut rencana tata ruang wilayah kabupaten/kota (Layangmas), informasi interaktif pertanahan melalui short massage service dan pelayanan hari Sabtu dan Minggu atau weekend service.


"Adanya layanan ini, diharapkan dapat memudahkan masyarakat di perkotaan yang tidak dapat mendatangi kantor pertanahan pada hari kerja untuk memperoleh layanan pertanahan," tutur Ferry. (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya