Sebagian Jaringan Telkom Sumatera Lumpuh

VIVAnews - Jaringan Telkom di Sumatera bagian selatan mengalami gangguan. Akibatnya, koneksi telpon dan internet tidak bisa diakses dengan baik.

Kandatelsekretari Telkom Riau, Doni Irawan mengakui adanya gangguan jaringan tersebut. Penyebab gangguan baru diketahui pukul 15.30 WIB. Hanya saja, ia tidak bersedia menjelaskan penyebab gangguan tersebut. Gangguan mulai dirasakan pukul 14.00 WIB, dan hingga pukul 20.40 WIB masih berlangsung. 

"Nanti yang akan menjelaskan pihak Telkom yang berkedudukan di Medan. Jadi kita tunggu saja, nanti diinfokan lagi. Gangguan terjadi di Riau dan beberapa daerah lainnya yang terkena imbas. Tapi untuk penjelasan detailnya kita tunggu dari Medan," ujar Doni kepada VIVAnews, Senin, 11 Maret 2009.

Awalnya, Doni mengatakan dari monitoring sementara gangguan disebabkan overload karena banyak pemakai jaringan. Akibatnya jaringan internet yang menggunakan Speedy mengalami gangguan.

Mengenai kemungkinan rusaknya kabel optik, ia menyebutkan bisa saja terjadi. Namun untuk kepastiannya harus menunggu penjelasan dari Medan.

Penggunaan jaringan Telkom, seperti Flexi, Telkomsel dan Speedy di Riau tidak bisa diakses dengan baik. Jaringan SMS dan GPRS pada GSM Telkomsel, sering tidak terkirim. Dan jaringan Flexi tidak bisa terhubung. Sedangkan Speedy putus total.

Seperti dikeluhkan Kabag Penerangan Biro Humas Setdaprov Riau, Chairul Rizky, beberapa kali SMS yang dikirim via handphone GSM Telkomsel-nya tidak terkirim. Temasuk akses GPRS.

Tak hanya itu saja, akses internet yang menggunakan Speedy di kantornya juga putus. "Ya terpaksa kita tidak bisa akses internet. Pengiriman sejumlah data penting jadi tertunda," keluh Rizky.

Sebelumnya, salah seorang operator layanan 147 Telkom, Olin, mengakui adanya kerusakan pada jaringan Telkom. "Ada gangguan kabel optic. Gangguan tak saja terjadi di Pekanbaru, tapi se-Sumatera," ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan operator layanan 147 Telkom lainnya, Evi. "Saat ini memang ada gangguan pada telpon rumah, SLJJ, Telkomnet Instan dan Speedy," aku Evi.

Ditanya lebih lanjut, Evi menyebutkan belum mendapat penjelasan dari pihak teknis Telkom tentang kerusakan yang terjadi. "Kami belum bisa pastikan kerusakan apa yang terjadi dan apa penyebabnya. Untuk informasi jelas bisa dihubungi langsung ke kantor Telkom," sarannya

Tantrum Anak Bukan Hal Seram! Ini Rahasia Mengatasinya dengan Bijak

Laporan: Ali Azumar | Pekanbaru, Riau

The All-New Citroen C3 Aircross

Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

Citroen secara resmi meluncurkan mobil SUV terbaru, The All New C3 Aircross pada hari ini untuk pasar Indonesia. Mobil ini hadir dengan berbagai fitur modern yang nyaman.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024