Ajak Warga Transmigrasi, Menteri Desa Jadi Sales

Warga Pulo Nangka 2 Jaktim menanti Menteri Desa
Sumber :
  • VIVAnews/Siti Indah Lucanti

VIVA.co.id - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar, Minggu, 8 Februari 2015, blusukan untuk memantau kondisi warga pemukiman padat penduduk di Pulo Nangka 2 RT 03 dan 04, RW 16, Jakarta Timur ini. Wilayah itu dikenal sebagai pemukiman padat penduduk, dengan 3425 Kepala Keluarga dan 12 RT

Menanti 6 Startup Penolong 500 Desa Tertinggal di Indonesia

Marwan mengaku mendatangi dua RT di pemukiman itu untuk menawarkan program transmigrasi. Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyampaikan Pulo Nangka 2 merupakan salah satu kawasan kategori tertinggal. Itu belum termasuk kawasan tertinggal di luar Jawa, yang masih mencakup enam kabupaten dan 122 desa tertinggal.

"Saya datang ke sini ibaratnya saya itu adalah sales dari transmigrasi, ingin menawarkan program transmigrasi, ya kali saja ada yang berkenan atau ingin pindah ke daerah sana," ucap dia.

Menteri Marwan Pastikan Pendamping Desa Akan Terus Diawasi

Marwan menambahkan saat ini terdapat 48 kawasan tempat alokasi transmigrasi dan 128 kawasan yang akan dapat program transmigrasi.

"Lokasi transmigrasi seperti di Pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan lain-lainya," ujarnya. 

Pada wilayah transmigrasi tersebut, nantinya warga yang transmigrasi  bakal disediakan tanah seluas dua hektare, tunjangan selama 18 bulan pertama serta dibina selama lima tahun.

"Penawarannya tidak bersifat memaksa, hanya bagi yang ingin. Jika tidak ya tidak apa-apa," katanya.

Menteri Desa Targetkan Pelaksanaan 'Desa Terang' Tahun Ini

Bagi yang berkenan untuk mengikuti program tersebut, Marwan meminta warga untuk segera menghubungi RT, RW atau anggota DPRD DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas.

Laporan: Siti Indah Lucanti

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya