Menakar Pentingnya RUU Pertembakauan bagi Petani

Petani tembakau membawa hasil panen
Sumber :
  • VIVAnews/Imam Zuhdi

VIVA.co.id - DPR belum memutuskan nasib Rancangan Undang-Undang Pertembakauan. Perdebatan pun masih terjadi, tidak hanya di Senayan melainkan juga di ranah publik. Seberapa penting RUU tersebut bagi nasib petani tembakau?

Aliansi Mahasiswa untuk Kedaulatan (AMUK) mendukung pengesahan RUU Pertembakauan. Koordinator AMUK, Slamet Widodo mengatakan, mahasiswa harus menjadi bagian dari kelompok pendukung RUU Pertembakauan. Sebab, RUU Pertembakauan mengusung semangat untuk memberikan perlindungan bagi petani tembakau.

"Semangat RUU Pertembakauan adalah melindungi petani tembakau," katanya dalam diskusi publik ‘Mengawal Regulasi bagi Petani Tembakau’, di Jakarta, Rabu 11 Maret 2015.

Peneliti sosial, Don K Marut, melihat dalam pertembakauan ini banyak aspek sosial dan budaya.

"RUU Pertembakauan ini seperti benteng terakhir petani tembakau. Karena sudah banyak sekali regulasi anti tembakau yang terus menekan petani tembakau. Untuk itu, dibutuhkan regulasi yang memberikan perlindungan pada petani tembakau," ujarnya.

Dia mempertanyakan bagaimana dengan nasib enam juta petani tembakau jika regulasi yang ada justru makin mempersulit petani tembakau, bukan melindungi. Belum lagi, efek bagi petani cengkeh yang juga terancam karena produk rokok kretek nasional membutuhkan cengkeh sebagai salah satu bahan baku utama.

Sementara itu, pengajar UIN, Ahmad Zaky, mengatakan, dulu kampus UIN banyak sekali pertunjukan seni yang didukung oleh industri kretek nasional. Namun, sekarang setelah sponsor rokok dilarang, sangat jarang lagi ada pertunjukan seni di kampus ini.

"Harus diakui, industri seni di Indonesia banyak didukung oleh industri kretek. Karena itu, regulasi tembakau ini bukan hanya dapat melindungi petani tembakau, namun juga dapat melindungi sektor-sektor masyarakat yang lain," katanya.

Pembicara lain, Koordinator Koalisi Nasional Perlindungan Kretek (KNPK), Zulvan Kurniawan menegaskan bahwa RUU Pertembakauan ini murni diusung oleh para stakeholder pertembakauan seperti petani tembakau dan juga para konsumen rokok kretek.

"Sekali lagi, semangat RUU Pertembakauan adalah melindungi petani tembakau," tegasnya.

Baca Juga:

Soal Target Cukai Tembakau, Data DPR dan Pemerintah Berbeda
Anggota DPR, M Misbakhun.

Anggota Komisi XI Tegaskan Tolak Ratifikasi FCTC

Ratifkasi akan mematikan keberlangsungan hidup stakeholders tembakau.

img_title
VIVA.co.id
23 Oktober 2015