700 Imam Kediri Haramkan Facebook

Blogger: Facebook Haram Itu Lucu

VIVAnews - Komunitas blogger menganggap pengharaman situs jejaring Facebook merupakan sikap yang berlebihan. Komunitas blogger justru menilai, 700 imam di Kediri yang membuat label haram itu hanya 10 persennya yang mengetahui apa itu Facebook.

"Saya yakin 700 imam di Kediri itu tidak menggunakan Facebook. Mungkin hanya tujuh orang yang menggunakan Facebook," kata tokoh blogger Indonesia, Enda Nasution, dalam perbincangan dengan VIVAnews, Senin, 25 Mei 2009.

Menurut Enda, komunitas blogger justru menilai sikap para ulama di Kediri itu sebagai hal yang lucu. Kalaupun alasan ulama bahwa Facebook banyak mudaratnya, seharusnya tidak khusus pada Facebook.

"Ini masalah yang lebih fundamental. Masih ada kesenjangan digital. Meski pengguna internet itu 30 juta orang, itu baru sekitar 10-15 persen dari penduduk Indonesia," ujar dia.

Maka itu, tokoh yang kerap disebut Bapak Blogger Indonesia ini menganggap tudingan itu jangan hanya ditujukan pada Facebook. Karena, menurut dia, masih banyak teknologi lain yang bisa berpotensi haram. Itu pun tergantung pemakainya masing-masing.

Kesepakatan haram itu disampaikan sekitar 700 imam Muslim dalam Forum Bahtsul Masail di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtdien Lirboyo, Kelurahan Lirboyo, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri beberapa waktu lalu.

Alasannya, situs jejaring sosial terpopuler itu berpotensi memicu meluasnya perilaku seks bebas, seperti pacaran dan mencari jodoh.

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani
VIVA Militer: Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

Dalam penemuan itu, mereka mengklaim bahwa negara Ukraina telah membayar “sejumlah besar dana” kepada para pelaku.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024