Menteri Tedjo: Latihan Perang TNI di Poso Bukan Buru Teroris

Tedjo Edhy Purdijatno, mantan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu

VIVA.co.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Tedjo Edhy Purdijatno, menepis tudingan sebagian kalangan bahwa latihan TNI di Posi sekaligus untuk memburu kelompok teroris di daerah itu. Menurutnya, Poso adalah wilayah yang cocok untuk latihan militer.

"Terkait teroris itu kebetulan. Bukan ditujukan untuk itu. Ini hanya latihan rutin. Kebetulan medannya cocok untuk latihan," kata Menteri kepada wartawan di kompleks kantor Parlemen di Jakarta, Rabu, 1 April 2015.

Tedjo menjelaskan bahwa latihan bagi prajurit TNI adalah kewajiban. Latihan bukan hanya untuk meningkatkan kemampuan personel tetapi juga sebagai bentuk pertanggungjawaban prajurit TNI kepada negara.

"Jadi tujuan utamanya bukan mencari teroris," kata Tedjo.

Mengenai kabar pelatihan itu sekaligus membentuk sebuah batalion baru untuk memperkuat pertahanan di Poso, Menteri menyerahkan semua kepada Panglima TNI.

"Nanti tergantung kebutuhan. Sudah ada aparat kewilayahan di sana. Tapi tergantung bagaimana nanti apa ditambah atau tidak. Panglima TNI yang menyiapkan," katanya. (ase)

Panglima TNI: Poso Tak Perlu Darurat Militer

![vivamore="Baca Juga :"]


Terduga Teroris yang Ditembak di Poso Belum Dikenali



Anggota TNI Ditembak Pria Misterius di Sulawesi Tengah
[/vivamore]
Ilustrasi/Latihan pasukan TNI di Tarakan

WNI Disandera Abu Sayyaf, TNI Siap Bila Ada Perintah 'Serbu'

PPRC TNI melakukan rangkaian latihan di Tarakan, Kalimantan Utara.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2016