Lima Pendaki Hilang di Gunung Ciremai

Pendaki yang Hilang Tinggalkan Surat di Pohon

VIVAnews - Sampai pagi ini, kelima pendaki yang hilang di Gunung Ciremai, Jawa Barat belum juga ditemukan. Namun, tim evakuasi menemukan petunjuk keberadaan mereka, yakni sebuah surat dari para pendaki yang hilang.

Staf Taman Nasional Gunung Ciremai, Sahudin mengatakan tim pencari menemukan sebuah surat yang ditaruh di sebuah pohon. "Dalam surat itu mereka mengatakan sedang menelusuri sungai kering yang ada di Gunung Ciremai," kata Sahudin kepada VIVAnews, Kamis 28 Mei 2009.

Tim pencari, kata Sahudin, lantas menelusuri sungai kering sesuai petunjuk para pendaki yang hilang. "Namun, ketika ditelusuri nggak ketemu," tambah Sahudin.

Ditambahkan dia, tim pencari hari ini terus bergerak untuk menemukan para pendaki yang masih hilang. Pencarian, kata dia, juga akan dilakukan lewat udara. "Rencananya ada ada helikopter dari Badan SAR Nasional," tambah dia.

Lima pendaki yang masih dinyatakan hilang adalah  Iwan (35) warga Perumnas III Bekasi, Dedi (28) warga Perumnas III, Bekasi, Darso (36) warga Perumnas Master, Karangsatria, Tambun Selatan,  Abdul Hatni (33) warga Perumnas III, Jalan Maluku, Bekasi, dan Gembong (27) warga Jalan Irigasi, Margahayu, Bekasi Timur.

Menurut keterangan, para pendaki yang merupakan grup pengajian berangkat bersama-sama menuju puncak Gunung Ciremai pada Jumat 22 Mei 2009, mereka menggunakan jalur resmi pendakian.

Sebelumnya, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, Mukhtadin Nafari mengatakan tim pencari berusaha menemukan para pendaki secepatnya. Sebab, menurut keterangan dua orang yang selamat yakni Fredy (27) pemandu lokal yang beralamat di  Desa Cupang, Cirebon dan Widi (35), warga Perumnas Master, Karangsatria, Tambun Selatan, kelima rekannya dalam keadaan lemas.

Saking lemasnya, kelimanya tidak bisa bergerak. Fredy dan Widi lantas meninggalkan mereka di sebuah ceruk, lalu keduanya turun mencari bantuan. "Jika tidak cepat ditemukan, mungkin ada yang tewas," kata Mukhtadin Selasa 26 Mei 2009.

Gunung Ciremai secara administratif termasuk dalam wilayah tiga kabupaten, yakni Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Gunung tersebut memiliki ketinggian 3.078 m di atas permukaan laut.

MAKI Kirim Surat ke Nurul Ghufron, Minta Bantuan Mutasi ASN di Papua ke Jawa
LPS gelar jumpa pers di Kota Medan.(B.S.Putra/VIVA)

Kantor LPS Bakal Hadir di Medan, Diresmikan 3 Mei 2024

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) kini membuka Kantor Perwakilan LPS I Medan, di Gedung Sinarmas Plaza, Kota Medan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024