Sepasang Pendaki Tersesat di Gunung Argopuro

Gunung Argopuro
Sumber :
  • http://noenkcahyana.blogspot.com
VIVA.co.id
Mandi di Pantai Kuta, Anggota Polres Badung Hilang
- Dua orang pendaki Gunung Argopuro dilaporkan tersesat di perjalanan turun pada Senin 27 April 2015. Kedua penyintas ini kehabisan bekal dan hingga kini, Rabu 29 April 2015, masih belum ditemukan.

Sempat Hilang, 22 Pendaki Gunung Wilis Akhirnya Ditemukan

Dari laporan rekan keduanya, diketahui kedua penyintas ini bernama Rezza Aji Pratama (pria) dan Wanulfa Zuhra (perempuan).
Tahun Baru, Pendaki Gunung Merapi Dibatasi 2.500 Orang


Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur M. Samsudin menyebut petugas telah menerima kabar tersebut. "Keduanya melaporkan kehabisan bekal sejak menyimpang dari jalur pendakian pada 27 April,” kata Samsudin, Rabu 29 April 2015.


Petugas pun berhasil menjalin komunikasi dengan penyintas yang tersesat. Setelah diketahui kisaran posisi penyintas dari percakapan lewat pesan pendek di telepon genggam, petugas mengirim suplai bekal makanan instan pada 28 April 2015.


“Sekira pukul 19:00, petugas mengirim logistik yang diletakkan di pintu masuk Taman Hidup. Bekal itu cukup untuk makan malam dan makan pagi hari ini (Rabu). Komunikasi tak bisa lancar karena sinyalnya tidak stabil,” katanya.


Dari informasi yang dilaporkan, penyintas dalam kondisi lemah lantaran kehabisan bekal. “Penyintas melaporkan tidak terluka, meskipun lemah tetapi masih bisa berjalan. Rencananya pagi ini kita melakukan penjemputan di Taman Hidup,” katanya.


Dalam kondisi normal, perjalanan dari Taman Hidup menuju Desa Bermi bisa ditempuh selama dua jam. Dalam kondisi lemah, diperkirakan penyintas sampai di Desa Bermi sebelum pukul 12.00 siang ini.


“Mereka tersesat keluar jalur pendakian, dan masuk jalur penduduk. Tetapi mereka berjalan ke arah desa lain, bukan desa Bermi, sampai kehabisan bekal,” imbuhnya.


Diketahui penyintas mendaki dari jalur pendakian Timur, melalui Pos Pageran, Situbondo.


Informasi yang beredar menyebutkan Rezza Aji Pratama adalah wartawan salah satu media nasional, Bisnis Indonesia.


Redaksi Bisnis Indonesia masih mendalami informasi tersebut. “Sebentar, nanti kami kabari lagi,” kata Bayu Widagdo, Wapemred Bisnis Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya