Jelang Ramadhan, Pasar Klewer Darurat Diresmikan

Pasar Klewer, Pusat Batik Solo
Sumber :
  • 4.bp.blogspot.com

VIVA.co.id - Pedagang Pasar Klewer kini sudah mulai bernapas lega. Sebab, menjelang bulan Ramadhan, Pasar Klewer sementara yang menempati lokasi di Alun-alun Keraton Surakarta telah diresmikan Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo.

Pantauan VIVA.co.id, sebelum acara peresmian dilakukan, sejumlah pedagang juga menggelar boyongan dan kirab gunungan tumpeng dari Gladag menuju Alun-alun Utara yang menjadi lokasi Pasar Klewer sementara.

Seperti diketahui, pasca kebakaran Pasar Klewer pada 27 Desember tahun lalu, para pedagang yang kiosnya hangus terbakar langsung berpencar untuk menggelar dagangannya. Ada yang berjualan di sekitar keraton, sekitar Alun-alun Utara, halaman Masjid Agung, hingga di area parkir Gladag.

Kini, setelah pasar darurat tersebut jadi, para pedagang yang terpencar pun mulai disatukan di dalam satu titik lokasi, yakni di pasar darurat di Alun-alun Utara Keraton Solo.

"Sekarang, pedagang Klewer harus berjualan di satu titik lokasi di pasar sementara ini," ucap Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo, Selasa, 16 Juni 2015.

Rudy berharap, dengan menemp‎ati lokasi tersebut, para pedagang bisa menikmati momentum puasa dan lebaran yang biasanya pada saat itu ramai pembeli.

Polisi Korban Bom Solo Naik Pangkat

"Makanya sejak awal kita targetkan pasar darurat harus bisa selesai sebelum puasa," ujarnya.

‎Sementara itu, Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) Kota Solo, Subagyo, mengatakan pasca kebakaran Pasar Klewer, pedagang belum mendapatkan lokasi yang representatif. Namun, dengan diresmikannya pasar sementara ini, maka para pedagang bisa mendapatkan tempat berdagang yang layak.

"Ini kan sifatnya pasar sementara. Yang terpenting pedagang bisa berdagang dengan nyaman. Kita juga ingin menyatukan para pedagang yang awalnya berjualan terpisah disatukan menjadi satu lokasi," ujarnya.

Kemudian, Subayo menyebutkan jumlah kios dan los di Pasar Klewer sementara itu mencapai 2.164 unit. Dana yang dihabiskan untuk membangun pasar sementara itu mencapai Rp23 miliar. Pasar sementara ini dibangun selama 70 hari, lebih cepat dari rencana awal 90 hari.

"Dana itu berasal dari APBD Solo, APBD Provinsi Jawa Tengah serta bantuan dari CSR perusahaan-perusahan, seperti perbankan dan lainnya," tuturnya.

Satelit Proba-V

Indonesia Berambisi Bangun Bandara Antariksa

Ada 3 lokasi terkait pembangunan bandar antariksa.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016