Dikaruniai Lima Bayi, Orangtua: Ini Berkah Ramadhan

Hari Saputra dan Nia Rachmawati, pasangan yang memiliki bayi kembar lima.
Sumber :
  • Zumrotul Abidin

VIVA.co.id - Pasangan Hari Saputra (32) dan Nia Rachmawati (31) merasa menjadi pasangan suami istri yang paling bahagia di bulan suci Ramadhan ini. Sebab, perjuangan untuk mendapatkan momongan akhirnya dikabulkan Tuhan. Bahkan, pasangan yang tinggal di Kompleks TNI AL Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur ini tidak menyangka dikarunia lima bayi kembar sekaligus.

Berbincang dengan VIVA.co.id, Sabtu 20 Juni 2015, di ruang VIP Graha Amerta RSUD dr Soetomo, Hari Saputra menceritakan kronologi hingga dia dan istrinya kini memiliki lima bayi melalui program inseminasi.

Hari menuturkan, dia menikah dengan Nia sejak tahun 2012. Setahun kemudian, Nia sempat mengandung dan melahirkan anak pertamanya. Tapi tidak lama anaknya itu meninggal dunia. 

"Setelah kejadian itu, kami terus berusaha bahkan berobat untuk mendapatkan anak lagi," katanya.

Usaha panjang untuk mendapatkan momongan mereka jalani dengan berobat dan memeriksakan kandungan. Hingga akhirnya, membawanya ke Graha Amerta RSUD dr Soetomo. Setelah ada informasi bahwa di klinik fertilitas milik Graha Amerta bisa membantu untuk inseminasi maka dia mencobanya.

"Niat pertama memang agar hamil. Ternyata, ada gangguan hormon istri saya. Ada tawaran inseminasi maka kami coba," kata pria yang bekerja sebagai angkatan laut ini.

Bayi Kembar Lucu Ini Populer di Instagram



Waktu itu, kata Hari, ada dua pilihan yang ditawarkan dokter, yaitu bayi tabung atau inseminasi.  Karena dijelaskan bahwa tingkat imunitas (daya tahan tubuh) bayi tabung lebih rendah daripada bayi inseminasi, maka dia memilih inseminasi meskipun prosentasi keberhasilannya lebih kecil dibandingkan dengan bayi tabung.

Tahapan demi tahapan dilalui pasangan ini. Mulai dari konsultasi ke dokter kemudian pemeriksaan yang dilakukan sang istri mulai dari pemeriksaan hormon, psikologi dan kekuatan rahim.

Dalam pemeriksaan, sempat ditemukan sel telur atau ovarium sang istri kecil kemudian dibutuhkan perawatan khusus menunggu hingga ovarium membesar dan siap dibuahi yang akhirnya proses inseminasi baru bisa dilakukan.

Setelah proses dilalui, Hari hanya bisa pasrah kepada Allah. Sebab, ada dua pasangan lain yang sebelumnya melakukan inseminasi di tempat yang sama tetapi belum berhasil.

Tapi Hari benar-benar tidak menyangka dia kini menjadi ayah dari lima bayi sekaligus. "Ini berkah Ramadhan. Awalnya kami tidak merencanakan mempunyai anak kembar lima. Kami hanya berikhtiar saja, semua tergantung Allah," ujarnya.

Rencana awal persalinan diperkirakan bulan Juli atau bulan kedelapan masa kehamilan, tetapi mengingat kondisi perut ibu pada kehamilan tujuh bulan dua minggu sudah maksimal maka dilakukan operasi.

Nia Rachmawati, ibu bayi kembar lima di Surabaya

Persalinan terjadi pada 19 Juni 2015 pukul 08.29 WIB, melalui operasi ceasar di Graha Amerta, yang pertama laki-laki kemudian yang empat selanjutnya perempuan dengan jeda lahir tiap anak sekitar 3-5 menit.

 Lily dan Summer Cobbing

Bayi Prematur Bertahan Hidup Usai Ditemani Kembarannya

Bobot tubuhnya hanya 390 gram.

img_title
VIVA.co.id
23 Maret 2016