Kejaksaan Agung Bantah Periksa Dahlan Iskan Hari Ini

Dahlan Iskan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA.co.id - Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Tony Spontana membantah Kejaksaan Agung akan kembali menjadwalkan pemeriksaan terhadap Dahlan Iskan dalam kasus mobil listrik hari ini, Rabu 24 Juni 2015.

Dahlan Iskan Mangkir dari Panggilan Jaksa Jawa Timur

"Hari ini tidak ada jadwal pemeriksaan DI (Dahlan Iskan) di Kejaksaan Agung," kata Tony melalui pesan singkatnya.

Secara terpisah, kuasa hukum Dahlan, Yusril Ihza Mahendra juga membenarkan bahwa hari ini kliennya tidak menerima surat panggilan tertulis maupun pemberitahuan lisan dari Kejaksaan Agung untuk dimintai keterangan.

"Seperti telah kami tegaskan sejak awal, klien kami akan bersikap kooperatif memenuhi panggilan. Namun karena tidak ada panggilan tertulis maupun lisan dari Kejagung, maka klien kami merasa tidak perlu hadir di Kejagung hari ini," kata Yusril.

Seperti diketahui, kasus ini berawal pada 2013 ketika Dahlan Iskan menjabat sebagai Menteri BUMN yang menugaskan sejumlah BUMN untuk menjadi sponsor pengadaan mobil listrik untuk mendukung kegiatan operasional konferensi APEC pada 2013.

Namun, mobil listrik itu akhirnya tidak bisa benar-benar digunakan. Keenambelas mobil itu kemudian dihibahkan ke sejumlah universitas yaitu, UI, ITB, UGM, Unibraw, dan Universitas Riau.

Akibatnya, ketiga BUMN mengalami kerugian. Namun jaksa belum memutuskan berapa besar kerugian negara itu.

Terkait kasus tersebut, Jaksa Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Direktur Utama PT Sarimas Ahmadi Pratama, Dasep Ahmadi dan Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia, Agus Suherman sebagai tersangka. Mereka dijerat atas kasus penyimpangan pengadaan 16 unit mobil listrik pada tiga BUMN senilai Rp32 miliar. (ase)

Diam-diam Kejaksaan Panggil Dahlan Iskan di Kasus Aset PWU

Laporan: Diantywinda

 Dahlan Iskan.

Cerita Dahlan Iskan ke Pengacara Soal Kasus Aset PWU

Kejati Jawa Timur sedang menyelidiki kasus penjualan aset PWU

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2016