Sepanjang Ramadhan, PKPU Saluran Rp14 Miliar

Lembaga Kemanusiaan dan Lembaga Amil Zakat Nasional PKPU
Sumber :

VIVA.co.id - Sepanjang Ramadhan ini Lembaga Kemanusiaan dan Lembaga Amil Zakat Nasional PKPU akan menyalurkan sekitar Rp14 miliar dana bantuan untuk yatim dan dhuafa serta kegiatan sosial lainnya.
 
"Kurang lebih kita akan menyalurkan bantuan dan santunan sekitar Rp14 milyar selama Ramandan ini,"kata Presiden Direktur PKPU, Agung Notowiguno.
 
Bantuan tersebut, lanjutnya, merupakan hasil infaq, shadaqah dan zakat dari seluruh masyarakat serta donatur tetap PKPU. Dana tersebut akan disalurkan untuk yatim dan dhuafa  seluruh tanah air.
 
"Penyalurannya tidak seluruhnya dalam bentuk tunai. Sebagian dalam bentuk barang sesuai dengan kebutuhan yang bersangkutan," jelas Manager Public Relation PKPU Sukismo.
 
Ada beberapa program yang telah disiapkan untuk menyalurkan bantuan di bulan Ramadhan tersebut. Diantaranya, belanja bareng yatim, buka puasa bersama, Sebar Alqur-an Nusantara (SAN), sebar mukena dan sarung, berbagi baju baru, distribusi zakat fitrah dan fidyah serta pemberian paket idul fitri.
 
Selain menyalurkan bantuan, Presiden Direktur PKPU Agung Notowiguno juga berharap bisa mengumpulkan zakat, infaq, dan shadaqah, guna mendukung program PKPU lainnya. Pasalnya, selain menyalurkan bantuan sesuai momen ramadhan, PKPU juga memiliki program tetap dan berkesinambungan yang membutuhakn anggaran cukup besar. 
 
Sebagai gambaran, Agung menjelaskan,  sepanjang 2015 ini, PKPU membutuhkan anggaran sekitar Rp200 milyar untuk menjalankan berbagai program yang telah disusun. Diantaranya ada program, pendidikan, ekonomi, kesehatan, penanggulangan bencana, beasiswa, yatim dan dhuafa. "Makanya tahun ini kami berharap bisa mengumpulan dana zakat, infaq, dan shadaqah  sekitar Rp240 milyar," ungkap Agung.

Program Sharefee

Pemerintah Harus Sertifikasi Lembaga Pengelola Zakat

Masih di bulan Ramadhan, PKPU juga resmi membuka 450 gerai zakat untuk tahun ini. Gerai-gerai tersebut tersebar di semua cabang PKPU seluruh Indonesia, antara lain Jabodetabek, Semarang, Bandung, Balikpapan, Yogyakarta, Pekanbaru, Medan, Makassar, Surabaya, Bengkulu, Padang, Bukittinggi, Palu, Lampung, Kendari, dan Ambon.

Tujuan dibukanya gerai-gerai ini untuk mempermudah masyarakat yang ingin menyalurkan zakat dan donasinya melalui PKPU. PKPU sendiri telah menyiapkan program untuk penyaluran zakat dan donasi tersebut di bulan Ramadhan ini dengan tema “Sharefee: Berani Selfie, Berani Berbagi”.

Program unggulan PKPU ini terinspirasi dari fenomenaselfie yang sedang trend di masyarakat. Namun, ‎Sharefee‎ diharapkan bukan sebatas istilah atau tema kampanye yang mendapat atensi publik, melainkan diniatkan dan dimunculkan sebagai sebuah gerakan berbagi dalam bingkai kebaikan.

Sharefee memiliki tujuh program unggulan, antara lain Paket Buka Puasa Bersama, Sebar Mukena dan Sarung (SMS), Sebar Alquran Nusantara (SAN), Belanja Bareng Yatim (BBY), Berbagi Baju Baru, Penyaluran Zakat Fitrah dan Fidyah, serta Pemberian Paket Idul Fitri. (Webtorial)

Wakil Presiden, Jusuf Kalla.

Wapres: Jika Tak Ada Tambahan Calon, Kita Kembali ke UU

UU mengharuskan daerah yang tak memiliki calon diundur hingga 2017

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2015