Diserbu Gajah, Puluhan Hektare Sawit dan Karet Porak Poranda

Serangan gajah liar ke pemukiman warga
Sumber :
  • ANTARA FOTO/FB Anggoro

VIVA.co.id - Puluhan hektare tanaman sawit dan karet milik warga di Desa Semanah Jaya, Aceh Timur dirusak kawanan gajah liar. Tanaman yang sedianya setahun lagi bisa dipanen tersebut dirobohkan secara bertahap sejak Senin, 27 Juli 2015.

Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?

Ardian, salah seorang pemilik kebun mengatakan, akibat serangan gajah tersebut, setidaknya ada 150 batang kelapa sawit dengan luas sekitar dua hektare telah porak poranda.

"Kami sudah cukup resah. Kejadian ini bukan sekali ini saja. Tapi sudah berulang kali," ujar Ardian, Kamis, 30 Juli 2015.

Petugas Bongkar Praktik Penjualan Satwa Langka di Surabaya

Ia menduga, saat ini kawanan gajah tersebut memang sengaja bertahan di kawasan hutan dekat permukiman warga. Tak diketahui pasti kenapa gajah-gajah tersebut masih bertahan di dekat permukiman warga.

"Kami sudah mengupayakan mengusir mereka dengan meriam bambu. Tapi tetap tidak digubris. Gajah sepertinya sudah tidak takut lagi," ujar Ardian menambahkan.

Bandar Satwa Dilindungi Diringkus Petugas

Saat ini warga berharap bantuan dari pemerintah untuk mengangani serangan gajah liar tersebut. Warga ingin agar konflik antara gajah dan manusia tersebut segera berakhir.

"Kami minta gajah-gajah ini diusir dari kawasan hutan kami. Kami tidak bisa bercocok tanam lagi kini."


Ilham Zulfikar/Aceh Timur


Temuan Ikan Aneh di Minahasa Diperkirakan Jenis Hiu

Sampel DNA Ikan Aneh di Minahasa Dikirim ke Eropa

Sementara diperkirakan jenis hiu, spesies baru.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016