Kemarau, Macan Jawa Serang Ternak Warga

Perangkap Macan Kumbang Jawa
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

VIVA.co.id - Seeokor (Panthera Pardus Melas) berjenis kelamin betina berhasil ditangkap warga Desa Cikupa, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis pagi 13 Agustus 2015.

Menurut warga, binatang buas yang dilindungi dengan panjang badan sekira 2 meter dan dengan berat badan 170 kilogram ini sudah sejak beberapa bulan ini meresahkan warga sekitar.

Petugas Bongkar Praktik Penjualan Satwa Langka di Surabaya

Baca Juga:

"Sudah beberapa waktu ini kami sering kehilangan hewan peliharaan. Ternyata ini yang memakannya," ujar warga setempat, Disa.

Diakui warga, penangkapan ini didasari kekhawatiran warga. Ditakutkan, setelah mengancam hewan ternak bukan tidak mungkin warga yang akan menjadi korbannya.

Baca Juga:

"Mungkin karena kemarau. Jadi sang macan turun gunung cari makan ke pemukiman," tambah warga lainnya, Herda.

Macan setinggi 75 sentimeter ini ditangkap warga dengan perangkap khusus yang dibuat dari bambu yang dirancang sedemikian rupa. Di dalam perangkap itu kemudian dimasukkan bangkai kambing yang sebelumnya sudah dimakan oleh sang macan.

Bandar Satwa Dilindungi Diringkus Petugas

Baca Juga:

Penempatan perangkap pun dipasang di sekitar aliran sungai yang dipercaya menjadi jalur bagi macan bertubuh hitam legam tersebut turun ke pemukiman warga.

"Beruntung perangkap yang dipasang sejak Rabu akhirnya membuahkan hasil. Ia terperangkap dan tak bisa lari lagi," ujar Hasna Maulana yang mengaku menjadi pemasang perangkap.

Saat ini, warga sekitar masih mempercayai ada dua ekor macan kumbang lain yang masih berkeliaran di pemukiman mereka. Keduanya diduga sebagai anak dari macan betina dewasa yang telah ditangkap warga.


Junjun Budiawan/Jawa Barat

Bayi Menggemaskan Harimau Benggala Lahir di Medan Zoo
Temuan Ikan Aneh di Minahasa Diperkirakan Jenis Hiu

Sampel DNA Ikan Aneh di Minahasa Dikirim ke Eropa

Sementara diperkirakan jenis hiu, spesies baru.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016