1.500 Pendaki Upacara 17 Agustus di Gunung Guntur

Gunung Guntur Berstatus Waspada
Sumber :
  • VIVAnews/Diki Hidayat

VIVA.co.id - Berbagai cara dilakukan warga dalam memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satunya adalah dengan mendaki gunung.

Mengintip Nasionalisme Warga Kampung Bendera di Surabaya

Gunung yang manjadi incaran warga, salah satunya ialah gunung Guntur. Hingga Minggu malam, 16 Agustus 2015, tercatat sudah lebih dari 1.000 orang yang berada di pos terakhir gunung tersebut.

Komandan Rayon Militer (Danramil) Tarogong, Kapten Inf. Sutopo, mengatakan, para pendaki gunung Guntur, rata-rata akan menggelar upacara bendera peringatan HUT RI ke-70 di puncak gunung Guntur, Senin besok, 17 Agustus 2015.

"Catatan dari pos pendakian di kaki gunung Guntur jumlah pendaki yang naik mencapai 1.500 orang. Mereka rata-rata untuk melakukan upacara 17 di puncak gunung," ujar Sutopo.

Para pendaki tersebut tidak hanya warga lokal Garut, tetapi banyak yang datang dari luar kota seperti Bandung, Bogor, Jakarta, bahkan berasal dari luar Jawa Barat. "Jadi memang banyak para pendaki dari luar Garut," kata Sutopo.

Lanjut Sutopo, pihaknya berharap para pendaki gunung Guntur mentaati semua peraturan yang berlaku. Tidak merusak alam, membuang sampah sembarang dan melakukan pembakaran pepohonan.

"Jika melanggar ini bisa menimbulkan dampak kerusakan hutan atau terjadinya kebakaran hutan," kata dia.

Legiun veteran perang lakukan tebar bunga di Taman Makam Pahlawan

Perngati HUT RI, Veteran Perang Tabur Bunga di TMP Semarang

Hal itu dilakukan guna menghormati rekan seperjuangan yang telah gugur

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016